KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #1: TOUHOU SKY ARENA

Di Jepang serial Touhou sangat populer dan tidak salah jika Area-ZERO membuat versi fightingnya. Touhou Sky Arena (TSA) adalah sebuah game fighting 3D ala Dragon Ball Z: Budokai. Perbedaanya adalah karakter game ini seluruhnya gadis Touhou dan mengambil tempat di dunia fantasi bernama Gensokyo. Versi original TSA dirilis pertama kali dalam even Reitaisai 8 tahun 2011 dengan 8 karakter yaitu: Reimu, Marisa, Cirno, Sakuya, Youmu, Alice, Moriya dan Utsuho. Dua karakter baru kemudian ditambahkan oleh developernya yaitu Aya dan Sanae lewat patch bernama “Hayate”. Dua karakter ini juga bisa ditambahkan ke game originalnya.

Versi terakhir dari TSA adalah TSA Kurenai yang dirilis dalam Reitaisai 9, Mei 2012. Awalnya dibuat sebagai update patch, namun oleh Area-ZERO dibuat sebagai game terpisah. Game ini memuat 8 karakter baru yaitu: Flandre, Suika, Mokou, Reisen, Koishi, Tenshi, Nue dan Kogasa. Selain karakter, Area-ZERO juga menambahkan 4 arena pertarungan yang baru. TSA Kurenai bisa dimainkan tanpa harus memiliki game originalnya. Namun pemain bisa menggabungkan dengan dua game sebelumnya menjadi Touhou Sky Arena Matsuri sehingga roster karakter berjumlah 18.


FIGHTING VS. DANMAKU

Sesuai namanya, pertarungan antar karakter hanya terjadi di udara. Tiap karakter mempunyai jenis skill yang berbeda, namun pada intinya TSA adalah game fighting dengan elemen danmaku. Apa sih danmaku? Dalam Bahasa Inggris disebut juga “bullet hell” yang artinya pemain akan dihadapkan pada peluru yang bertebaran ala game shooting. Serangan jarak dekat nyaris tidak berguna karena semua karakter lebih sering menyerang dari jarak jauh dengan proyektil dan spell card. Seluruh aksi karakter berhubungan dengan gauge atau meter tertentu yang akan terisi sendiri perlahan-lahan. 


Untuk sebuah game fighting, TSA memiliki banyak tombol yang cukup membingungkan. Karena gamenya masih Bahasa Jepang, mengatur konfigurasi tombol sering menyulitkan pemain. Untuk mempermudah bermain, berikut ini konfigurasi tombol default yang digunakan:

Tombol panah
Memilih karakter/menu navigasi.
Z
Dash/slide, Konfirmasi pilihan. Tekan dan tahan tombol Z untuk terbang kecepatan tinggi. Tekan berulang kali untuk double atau tripple slide (butuh spirit meter).
V
Bertahan, Membatalkan pilihan. Jika musuh menyerang pada jarak dekat dan tombol ini ditekan dengan tepat bisa menghasilkan serangan balasan yang membuat musuh pusing.
X
Tembakan normal. Tahan tombol untuk charge attack.
C
Serangan jarak dekat. Bisa digabung dengan dash.
S
Naik, Dash vertikal (bukan terbang).
D
Turun.
Q
Mengunci/memilih target.
A
Bersiap mengeluarkan spell. Harus digabung dengan tombol lain

A + X : Serangan spellcard (tahan X dan A ketika mengisi spell, tahan A ketika menembakkan spell).

A + V : Ex spell card.

A + C : Hi Tension spell card.

A + Z : Climax spell card.

A + S dan A + D : Mirage slide, di depan atau di belakang lawan.
W
Memposisikan kamera tepat di belakang karakter saat tidak mengunci target.
Space
Mengubah gerakan CPU partner.
Enter
Pause/Menu/Tombol start.

Sebelum masuk ke pertarungan setiap karakter dapat memilih 3 spirit orbs yang akan meningkatkan atribut karakter. Ada 3 jenis spirit orb yaitu menyerang (merah), bertahan (kuning) dan pergerakan (biru). Masing-masing spirit orb dapat diperoleh dari menyelesaikan arcade mode dengan semua karakter dan bermain survival mode dengan memenuhi kondisi tertentu. Spirit orb juga bisa didapat dengan memainkan Sky Adventure Mode jika game telah diupgrade dengan patch Matsuri versi 1.50. Dalam mode ini pemain ditantang menyelesaikan beragam quest dengan spirit orb sebagai reward.


IMPRESI AKHIR

Bermain TSA kurang lebih sama dengan game dari Area-ZERO yang sebelumnya yang berjudul Magical Battle Arena (MBA). Tapi harus saya akui untuk gameplay MBA masih sedikit diatas TSA. Ini karena MBA juga memperhatikan tipe karakter yaitu tipe menyerang jarak dekat (melee oriented), tipe penembak (ranged oriented) atau keseimbangan dari keduanya (balanced oriented). Sementara TSA seluruh karakter lebih pada ranged oriented yang membuat strategi dalam bertarung lebih terbatas.

Background dalam TSA memang jauh lebih tajam dan indah, namun tidak mempengaruhi permainan. Berbeda dengan MBA yang background mempengaruhi karakter tertentu yang bisa memberi mereka keuntungan atau kerugian. Namun untuk urusan voice acting dan soundtrack, TSA masih jauh lebih baik. Hingga sekarang tidak ada satupun game Touhou yang diterjemahkan ke versi Inggris. Karenanya Anda dapat melihat situs resmi TSA disini (versi Jepang), atau mendownload gamenya disini.