Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #5: DANMAKU UNLIMITED 2

Sobat Indoshotokan pernahkah mendengar istilah danmaku? Bagi yang belum tahu, danmaku berasal dari Bahasa Jepang yang berarti tirai peluru, yaitu genre tembak menembak dalam video game dimana dalam satu layar akan dipenuhi oleh peluru musuh. Tugas pemain tentu saja menghindari peluru-peluru tadi jika ingin selamat. Di Jepang genre seperti ini sangat populer dan ada penggemarnya sendiri. Nah, pada review kali ini Indoshotokan akan mengulas sebuah game shooting berjudul Danmaku Unlimited 2.

Danmaku Unlimited 2 adalah sebuah game indie yang dibuat oleh programmer non Jepang bernama Sunny Tam. Dirilis untuk tiga platform; PC Windows, iOS dan Android, Danmaku Unlimited 2 adalah game shooting ala Jepang dalam grafis HD yang meminta pemain mengontrol pesawat, bermanuver dari hujan peluru dan membalas tembakan musuh. Game ini mempunyai ciri khas musik yang memacu adrenalin, sistem skor yang rumit dan tingkat kesulitan tinggi yang dijamin akan membuat pemain tertantang menyelesaikannya. Tidak ada jalan cerita dalam Danmaku Unlimited 2. Pemain adalah pilot yang harus menghancurkan musuh-musuh yang disebut dengan “Valkyria”.

http://i.imgur.com/BwhrKah.jpg

Pada menu awal ada dua mode permainan yang bisa dipilih, yaitu Arcade Mode dan Bonus Mode. Dalam Arcade Mode ada dua pilihan yaitu Classic Mode dan Burst Mode. Perbedaannya hanya terletak pada senjata dan skor yang didapat pemain. Dalam Classic Mode melakukan grazing (sebutan untuk menghindari peluru pada jarak yang sangat dekat) tidak melipatgandakan skor namun mengisi trance meter. Nah, trance meter ini jika penuh akan membuat pesawat pemain mampu mengeluarkan serangan dengan damage yang lebih besar untuk sementara waktu. Sedangkan skor bisa didapat dengan jalan mengumpulkan permata dari musuh yang dihancurkan.

Dalam Burst Mode melakukan grazing tetap mengisi trance meter seperti halnya Classic Mode, hanya saja disini sedikit lebih lambat. Yang berbeda, saat pemain mengumpulkan item dari musuh yang hancur, otomatis burst gauge juga akan terisi perlahan-lahan. Saat burst gauge terisi sekitar 20% pemain dapat menembakkan laser yang akan meng-cancel peluru musuh. Peluru berikut musuh yang terkena efek cancel akan berubah menjadi permata yang jika dikumpulkan akan melipatgandakan skor. Ini akan sangat berguna jika pemain dalam level hard atau extreme karena mereka dapat meng-cancel peluru yang sangat banyak jumlahnya.

Dalam Bonus Mode pemain akan diberikan dua pilihan; Boss Rush dan Free Play. Seperti namanya, Boss Rush hanya berisi duel pesawat pemain dengan boss dari semua stage. Ada juga secret boss yang bisa ditemukan jika beruntung. Free Play adalah mode training dimana pemain dapat berlatih mengasah keahlian mereka sebelum masuk ke stage permainan. Total ada 5 stage dalam Danmaku Unlimited 2.

http://i.imgur.com/ppTevIt.jpg

Tidak seperti game shooting lainnya, pesawat pemain tidak akan hancur jika terkena sekali peluru musuh. Saat pesawat menderita kerusakan, perisai akan menghilang. Jika pemain terkena peluru lagi saat perisai belum terisi penuh, maka pemain akan kehilangan satu nyawa. Yang berbahaya adalah jika pemain terkena peluru secara beruntun. Perisai akan hancur, shield meter tidak mampu terisi sampai pemain kehilangan nyawa.

Selama permainan layar monitor akan dipenuhi efek-efek flashy alias terang menyilaukan dari peluru, musuh yang hancur dan teks. Sementara ini terlihat keren, efek seperti ini tidak cocok bagi pemain yang sensitif dengan cahaya yang berlebihan. Untungnya efek yang gila-gilaan ini tidak membuat permainan melambat dan pemain tidak akan kesulitan menembak target mereka. Satu lagi nilai plus dari permainan adalah mendukung tate mode, sehingga pemain dapat merubah pandangan layar menjadi vertikal ke horizontal, atau sebaliknya. Khusus untuk versi PC pemain juga dapat merubah lebar rasio layar.
 
http://i.imgur.com/xvNRM1R.jpg

Jika berhasil menyelesaikan gamenya pemain akan diberikan experience points yang bisa digunakan untuk mengkustomisasi pesawat. Pemain bisa menambah kekuatan tembakan, perisai, menambah jumlah nyawa dan continue. Dengan begitu pemain bisa menyelesaikan permainan pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Pastikan juga membaca tutorial pada menu options untuk mengetahui kemampuan pesawat berikut upgradenya.

Game shooting bertema seperti ini banyak ditemukan di negeri Sakura. Tapi sayangnya di luar Jepang sangat sulit ditemukan di PC. Danmaku Unlimited 2 adalah game yang bagus dan wajib dikoleksi bagi para penggila J-style games. Sobat bisa mengunjungi situs resmi developernya disini atau mendownload gamenya disini. Tentu saja untuk versi Windows. Selamat menembak. (Indoshotokan)

0 komentar :