KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #6: CHERRY TREE HIGH COMEDY CLUB

Miley Verisse kini berada di tahun terakhirnya di SMU Cherry Tree High. Mimpi Miley adalah menjadi komedian ternama dan untuk itu dia ingin memulai dari sekolahnya dengan membentuk sebuah klub. Sayangnya, keinginan itu tidak berjalan mulus karena Octavia Richmond, sang ketua dewan murid, tidak mendukungnya. Octavia setuju jika setidaknya ada lima orang teman yang bersedia menjadi anggota klub. Sementara itu hanya ada Harriet, teman satu asrama Miley, yang menjadi anggota klub. Musim semi telah tiba, hanya ada waktu dua bulan bagi Miley untuk mewujudkan mimpinya. Berhasilkah usahanya?

Cherry Tree High Comedy Club (CTHCC) adalah versi Inggris dari game doujin yang berjudul “Manzai Kenkyuubu” (berarti klub pencinta komedi) atau sering disingkat “Manken”. CTHCC adalah sebuah game simulasi dengan sedikit elemen visual novel yang dikembangkan oleh seorang programmer bernama Hizume dan dipublikasikan oleh 773 (dibaca nanami) di tahun 2010. Dua tahun kemudian CTHCC diterbitkan versi Inggrisnya oleh Nyu Media dengan bantuan Capcom dan Tezuka Production sebagai penerjemahnya. Selain bahasa, tidak ada perbedaan antara kedua versinya.

Permainan dimulai tanggal 22 Maret dan berakhir 30 Mei. Satu hari dibagi dalam tiga waktu yaitu pagi, sore dan malam. Miley bisa melakukan beragam aktivitas seperti menjelajahi kota, berinteraksi dengan orang-orang, mengerjakan pekerjaan rumah, bekerja sambilan, dsb. Miley mempunyai fatigue bar sebagai indikator kelelahan. Semakin sering Miley bekerja atau mengerjakan tugas sekolahnya, maka fatigue bar ini juga akan naik. Semakin tinggi fatigue bar, maka uang yang didapat Miley juga semakin sedikit. Jika fatigue bar lebih dari 4 points, di hari itu Miley tidak akan melakukan aktivitas apapun.

http://i.imgur.com/P8WxtLe.png

Miley harus menjalin pertemanan dengan enam orang yang potensial untuk menjadi anggota klubnya. Tiap orang mempunyai hobi dan barang yang disukai atau tidak disukai. Pemain harus mengetahuinya agar sukses menjalin pertemanan. Semakin akrab Miley dengan targetnya, maka peluang mereka menjadi anggota klub juga semakin besar. Jika hubungan pertemanan mencapai level 2, maka Miley bisa mendapatkan nomor teleponnya. Jika mencapai level 5, maka mereka akan menjadi anggota klub. Nah, sebagai bocoran, inilah keenam target Miley berikut hobinya:

Target
Huge Fan
Likes
Dislikes
Neutral
Sara Croft
Pets
Video Games, Whodunits, Romance
Sports, Travel
Music, Art, History, Politics, Fashion, Cooking
Tyler Perez
Romance
Music, Video Games
Whodunits, Art
History, Politics, Fashion, Sports, Travel, cooking, Pets
Curtis Campbell
Politics, Cooking
Whodunits,
Video Games, Music, Fashion
History, Art, Romance, Sports, Travel, Pets
Vivian Bergman
History
Art, Sports
Whodunits, Politics
Music, Romance, Cooking, Pets, Travel, Video Games, Fashion
May Bonbon
Sports
Travel, Pets, History
Romance, Music
Video Games, Whodunits, Art, Politics, Fashion, Cooking
Cindy Smith
Music, Fashion
Video Games
History, Romance, Cooking



CTHCC juga mempunyai banyak lokasi yang bisa didatangi oleh Miley dimana dia bisa melakukan beragam aktivitas. Yang harus diingat pemain adalah keenam target Miley juga mempunyai lokasi favorit dan mereka biasanya selalu ada di waktu tertentu. Misalnya di Orchard Shopping Precinct Miley bisa memesan makanan (untuk memulihkan fatigue bar) dan membeli majalah. Sara dan Harriet ada disini setiap pagi sedangkan May selalu ada di sore harinya. Total ada sembilan lokasi berbeda yang bisa dikunjungi.

http://i.imgur.com/jSIS89f.png

Ada 3 ending berbeda yang bergantung dari jumlah teman yang berhasil direkrut oleh Miley. Bad ending (0-2), normal ending (3-5) dan good ending (6). Jika ingin mendapatkan ending terbaik, pemain sebetulnya cukup mengingat dan bila perlu mencatat kesukaan dan tempat favorit dari target Miley. Jika pemain berhasil menyelesaikan permainan, sebuah mode baru bernama New Game Plus. Disini pemain bisa membawa seluruh skill yang sudah ditingkatkan levelnya, repertoire dan data dari target yang akan direkrut (like, dislikes, neutral), sehingga pemain tidak perlu mengulang dari awal.

Overall, CTHCC adalah sebuah game yang fun dan pas bagi penggemar simulasi bergaya anime. Sobat Indoshotokan bisa mengunjungi situs resmi developernya disini atau mendownload game disini. Selamat bermain. (Indoshotokan)