KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #9: HANASAKI KA YOUSEI FREESIA

Edelweiss selama ini selalu terkenal dengan game-game shootingnya yang berkualitas. Tengok saja Ether Vapor yang menggunakan konsep 2.5D (baca: dua setengah dimensi) dengan gameplay terinspirasi serial Ray Force. Yang paling keren untuk saat ini adalah Astebreed, sebuah game shooting dengan fighter ala Gundam dan grafis yang luar biasa. Sebagai developer indie yang berkompeten, Edelweiss ternyata juga meluncurkan game aksi yang tidak kalah bagusnya berjudul Hanasaki Ka Yousei Freesia. Dikembangkan sejak 2008, game ini dirilis dalam even Comiket 80, 2011 lalu. Versi Inggrisnya pun sudah dirilis oleh Nyu Media setahun kemudian.

Freesia adalah seorang gadis peri muda yang mendedikasikan hidupnya untuk menjaga hutan suci bernama Lyta. Di tengah hutan ada sebuah pohon tua bernama Jomon yang menyembunyikan Amal Stone, sebuah batu magis dengan kekuatan misterius. Bencana mulai datang setelah manusia, monster dan golem masuk ke hutan demi merebut Amal Stone. Tidak hanya itu para pasukan dari Kerajaan Dharka juga menginginkan hal serupa. Bisakah Freesia menahan serbuan musuh seorang diri?

Untungnya jagoan kita mempunyai jurus-jurus yang tidak bisa diremehkan. Ya, Hanasaki Ka Yousei Freesia ini adalah sebuah game aksi baku hantam atau beat’em up. Freesia bisa menggunakan kombinasi pukulan dan tendangan untuk menghajar musuh-musuhnya. Tiap musuh mempunyai health points dan dengan mengalahkan mereka, Freesia bisa mendapatkan experience points dan mana points. Experience points akan meningkatkan status pemain seperti health bar dan jumlah mana yang bisa dibawa. Sedangkan mana points digunakan untuk menambah kekuatan dan jurus baru.

http://www.aeon.net.nz/wp-content/uploads/2013/02/2013-02-21_00001.jpg

Ada jenis tiga jurus yang bisa digunakan Freesia; basic, special dan optional. Ketiga jurus ini bisa dipilih sebelum masuk ke sebuah stage. Basic adalah serangan standar yang bisa dikeluarkan dengan kombinasi tombol arah dan serangan. Spesial adalah jurus khusus yang hanya bisa digunakan maksimal empat kali. Spesial harus dipilih sebelum menjalani misi. Optional adalah menu yang memungkinkan pemain mengubah statistik bagi Freesia. Misalnya memilih kekuatan serang lebih rendah, tapi sebagai gantinya health bar Freesia dibuat lebih panjang, dan sebaliknya.

Freesia juga bisa bertahan (blocking) dan menghindar (dodging). Blocking sangat berguna saat menerima serangan dan terutama ketika melawan boss. Tapi pemain tidak bisa bertahan sesuka hati, karena ada batasannya. Semakin sering bertahan, pertahanan Freesia akan tembus, atau disebut guard breaks. Freesia juga tidak bisa diserang selama melakukan dodging dan ini keuntungan bagi pemain. Sayangnya musuh tidak akan membiarkan pemain selalu menghindar. Tipsnya adalah gunakan strategi bertahan dan menghindar yang tepat.

http://www.aeon.net.nz/wp-content/uploads/2013/02/2013-01-16_00008.jpg

Desain level mirip dengan game Super Smah Bros. Tidak begitu besar dan dalam satu layar ada platform yang bisa digunakan pemain untuk berpindah tempat. Ini bisa digunakan pemain untuk menghindar dari kepungan musuh. Jika dalam sebuah stage pemain mati, maka permainan akan restart dari awal. Cukup menjengkelkan memang, tapi untungnya semua experience dan mana points tidak akan hilang. Sehingga walaupun sulit tapi jika terus mencoba pemain akan bisa melewati stage tersebut.

Indoshotokan merekomendasikan Hanasaki Ka Yousei Freesia sebagai sebuah game yang wajib untuk dimainkan. Grafis yang indah, artwork yang keren dan musik yang sesuai tema juga menjadi poin lebih. Permainan mendukung keyboard, tapi agar lebih nyaman dalam bermain sebuah joypad masih lebih baik. Sobat bisa mengunjungi situs resmi gamenya disini atau mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)