Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #13: CAVE STORY

Jika ada game doujin yang paling populer selain serial Touhou, maka Cave Story adalah jawabannya. Cave Story yang judul aslinya adalah “Doukutsu Monogatari” adalah game hasil garapan seorang developer bernama Daisuke Amaya. Tidak sia-sia karena game yang digarap selama lima tahun itu menjadi hit di dunia maya. Ketika dirilis sebagai freeware untuk Windows tahun 2004 banyak pemain yang membicarakannya. Popularitas Cave Story membuat Nicalis tertarik untuk merilis versi konsolnya dengan kualitas audio visual yang lebih baik. Untuk versi PC yang berjudul Cave Story+ dirilis tahun 2011 via Steam dan Mac App.

Sekitar sepuluh tahun sebelumnya, Quote dan robot lain bernama Curly Brace dikirim ke sebuah pulau misterius. Konon di pulau itu ada sebuah artifak berupa mahkota yang sangat kuat yang diperebutkan banyak orang. Berbeda dengan orang lain yang ingin menguasainya, misi Quote dan Curly adalah menemukan dan kemudian menghancurkan mahkota tersebut.

Sayangnya Quote dan Curly terlambat. Mahkota itu telah lebih dulu jatuh ke tangan seorang manusia jahat bernama Miakid. Haus akan kekuatan, Miakid melepaskan seluruh kekuatan dari artifak itu dan membuat dirinya menjadi sangat kuat. Quote dan Curly mengerahkan seluruh senjata yang mereka miliki. Miakid memang berhasil dikalahkan, namun Quote dan Curly kehilangan seluruh daya mereka hingga tertidur selama sepuluh tahun lamanya. Sedangkan artifak itu sendiri hilang entah kemana.

http://i.imgur.com/ZV5wDyA.png

Sepuluh tahun kemudian Quote terbangun kembali di sebuah gua bawah tanah tanpa memori apapun. Terpisah dari Curly, dia berjalan sendiri hingga sampai di sebuah desa yang dihuni sekelompok makhluk mirip kelinci bernama Mimiga. Quote menemukan jika para Mimiga tengah diperbudak oleh seorang ilmuwan gila yang juga menginginkan artifak itu. Dari sinilah petualangan Quote dimulai, menemukan kembali temannya yang hilang, menghancurkan artifak dan akhirnya membebaskan para Mimiga.

Jika dilihat sepintas tidak ada yang istimewa dari Cave Story. Grafisnya biasa saja bahkan terkesan “old school” yang sekelas dengan game jaman 8 bit, tapi masih lebih baik. Cave Story tampil dengan warna-warni yang cerah hingga tidak membosankan.Bagaimana dengan kualitas audionya? Versi asli game ini masih menggunakan format midi. Jadi bisa ditebak bagaimana suara yang dihasilkan. Jadi kalau begitu Cave Story tidak menarik? Tunggu dulu. Memang itulah yang menjadi ciri khas dari game-game buatan Daisuke Amaya.

http://i.imgur.com/yZC56Sq.png

Bagaimana dengan gameplaynya? Indoshotokan sendiri awalnya berpikir tidak akan berlama-lama memainkannya. Tapi yang mengejutkan ternyata game ini sungguh adiktif. Cave Story adalah kombinasi dari genre aksi, platformer dan RPG. Sehingga pemain tidak akan cukup hanya satu atau dua jam saja untuk merampungkannya. Walau bersetting di gua bawah tanah, ada banyak area yang bisa dijelajahi. Bahkan ada juga level rahasia yang hanya bisa dibuka dengan kondisi tertentu. Setiap area terhubung dengan sebuah alat teleportasi. Ini akan menghemat waktu pemain untuk berpindah tempat dalam sekejap. Karakter Anda terluka? Ingin menyimpan permainan? Jangan khawatir, ada banyak health restore devices dan save point. Namun karena terletak di titik tertentu, sebaiknya mengingat posisinya.  

Ada banyak item yang bisa dikumpulkan, namun yang menarik adalah senjata dalam permainan ini dapat ditingkatkan levelnya sehingga menjadi lebih kuat. Caranya adalah dengan mengumpulkan chip berbentuk segi tiga yang dijatuhkan oleh musuh yang dihancurkan. Namun sebaiknya berhati-hati karena jika Quote menerima serangan musuh, maka senjata tadi akan turun levelnya atau downgrade.

http://i.imgur.com/HQdBvDg.png

Singkat saja, Cave Story adalah game yang wajib dimainkan. Cave Story mungkin hanya game kecil yang ukurannya tidak lebih dari 2 MB. Namun dijamin akan menghabiskan waktu luang Anda. Game ini juga mempunyai banyak ending yang dapat diperoleh berdasarkan pilihan yang diambil pemain selama permainan. Kabar baiknya lagi, game ini adalah freeware (kecuali versi cave Story+) dan telah diterjemahkan ke Bahasa Inggris. So, tunggu apalagi? Anda bisa mengunduh gamenya disini. Ingin mencoba yang versi plus? Silahkan mengunduhnya disini. Selamat berpetualang. (Indoshotokan)

0 komentar :