Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #14: CLOUDPHOBIA

Developer game indie Jepang selalu kaya dengan ide-ide kreatif. Tidak terkecuali dengan Marsbound yang meluncurkan game shooting berjudul Cloudphobia. Game ini dirilis tahun 2009 di Jepang. Saat ini versi Inggrisnya sudah tersedia dan lisensinya dipegang oleh Rockin' Android yang sebelumnya juga melokalkan serial Suguri. Cloudphobia adalah contoh game yang brilian karena menggabungkan konsep tower defense, shooting dan action.

Jauh di masa depan, teknologi mesin dan robot telah mendominasi kehidupan manusia di muka bumi. Akan tetapi teknologi tidak selamanya membawa kebaikan. Tidak diketahui sebab pastinya, seluruh mesin berbalik melawan manusia. Belakangan diketahui jika seorang gadis dengan kekuatan luar biasa telah mengendalikan para mesin itu. Kini sebagai salah satu pilot tempur terbaik, pemain harus berjuang melawan para mesin dan membebaskan sang gadis dari penderitaannya.

Jika game shooting umumnya mengharuskan pemain untuk bertahan hidup dan mengalahkan para boss di akhir stage, maka Cloudphobia selangkah lebih maju. Dalam Cloudphobia tantangan yang diberikan akan lebih besar lagi. Selain bertahan hidup pemain juga harus melindungi kapal induk yang tidak kelihatan bentuknya. Musuh-musuh yang tidak dihancurkan pemain memang akan berlalu dari layer, tapi mereka akan memberikan damage pada kapal induk. Masih belum cukup? Pemain harus berpacu dengan waktu demi menghancurkan boss di akhir stage sebelum waktu habis.

http://i.imgur.com/Vu30riU.jpg

Setelah masuk ke permainan dan memilih tingkat kesulitan, pemain diberikan dua pilihan robot tempur. Pilihan pertama adalah PLG-90 yang cocok untuk pemain pemula karena robot ini unggul untuk serangan jarak jauh dengan laser ignition riffle-nya. Jika menyukai tantangan, maka pilihlah robot kedua yaitu Nullpunktur. Robot ini tidak mempunyai peluru proyektil karena hanya mengandalkan Vibroblade, sebuah pedang katana berdaya rusak tinggi tapi hanya unggul di jarak dekat.

Kedua robot tempur juga dilengkapi dengan rudal yang fungsinya kurang lebih sama seperti bom yaitu menghancurkan semua musuh dan peluru di layar. Yang spesial adalah jet thruster, sebuah jet pendorong yang bisa membuat robot pemain melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi. Jet ini sangat berguna untuk meloloskan diri dari kepungan musuh dan peluru. Tapi resikonya jika menggunakan jet thruster banyak musuh yang tidak dihancurkan dan itu berarti pesawat induk pemain akan cepat hancur.

http://i.imgur.com/AGfYzG5.jpg

Pada stage pertama tempo permainan tidak terlalu cepat dimana musuh dan peluru yang datang tidak begitu banyak. Dengan begitu pemain bisa menyesuaikan irama permainan antara kecepatan dan aksi. Seiring meningkatnya level, musuh yang datang akan semakin banyak dan bervariasi. Ada pesawat musuh yang bisa bertransformasi menjadi robot dan menyulitkan robot pemain. Tidak cukup halangan dari musuh, masih ada rintangan berupa batu-batu meteor yang meskipun terlihat keren tapi sangat merepotkan.

Untuk grafisnya Cloudphobia termasuk yang terbaik di kelasnya. Desain level yang variatif dengan warna yang cerah membuat mata pemain betah memainkannya. Efek yang ditampilkan memang tidak secanggih game konsol, tapi juga tidak bisa diremehkan. Lihat saja ketika robot pemain meluncurkan rudalnya. Kepulan asap yang mengikuti rudal itu terlihat pas, tidak berlebihan tapi tetap saja keren. Contoh lain ketika pemain menggunakan jet thruster ada semacam efek blur yang memberikan kesan pesawat bergerak dengan kecepatan tinggi. Padahal sebenarnya yang bergerak adalah backgroundnya. 

http://i.imgur.com/nL3OVEp.jpg

Terlalu sulit? Kesal karena cepat mati? Jangan khawatir karena game ini juga menyediakan opsi tidak terbatas untuk waktu, perisai kapal induk dan perisai robot pemain. Dengan begitu pemain bisa lebih menikmati permainan. Tapi bagi pemain sejati sudah pasti akan mematikan ketiga pilihan tadi. Nah, sobat bisa mengunjungi situs resmi developernya disini atau mengunduh gamenya disini. Selamat menembak (Indoshotokan)

0 komentar :