KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #15: IMPETUTH

Di sebuah dunia fantasi yang tidak bernama, para iblis, roh dan manusia hidup dalam keseimbangan. Tersebutlah Els, seorang pemuda yang berkeliling dunia demi mengasah ilmu pedangnya. Setelah tiga tahun berpetualang, Els kembali ke kampung halamannya. Tapi betapa terkejutnya dia saat mendapati desanya telah hancur menjadi puing-puing.

Bingung dan terkejut, tiba-tiba Els mendengar suara dari roh misterius. Suara itu mengatakan jika keseimbangan antara dunia iblis, roh dan manusia telah terganggu. Akibatnya para iblis masuk ke dunia manusia dan membuat kekacauan. Saat keributan itu terjadi para iblis telah menculik teman masa kecil Els yaitu Putri Freesia. Tidak ada pilihan lain, Els harus berangkat demi menyelamatkan sang putri dan mengembalikan kedamaian di dunianya.

Impetuth adalah sebuah game action shooting dari developer indie Jepang O-Games yang dirilis dalam even Comiket 75, 2008. Bermain Impetuth rasanya kembali ke era 16-bit saat kejayaan konsol SNES dan SEGA Megadrive. Tidak hanya ceritanya, gameplay permainan ini juga terbilang klasik alias “old school.” Sepertinya sang developer ingin mengingatkan pemain pada masa lalu betapa asyiknya saat menghabiskan koin di mesin arcade.

Dengan 5 stage dan 21 area berbeda, Impetuth terbilang singkat. Sebagai Els, pemain akan bergerak vertikal mengikuti kamera yang berjalan otomatis. Tugas pemain adalah menembaki moster-monster yang muncul di layar. Menembak? Yap, betul sekali. Rasanya memang sedikit aneh karena bukankah Els adalah swordman. Mengapa dia tidak pernah mengayunkan pedangnya? Musuh-musuh menembakkan peluru yang harus dihindari pemain. Pemain akan langsung mati jika menabrak musuh atau peluru.

http://i.imgur.com/Hf9hkyc.png

Tidak mungkin jika Els berjuang seorang diri. Karena itu ada banyak bantuan dan bonus yang muncul di layar. Jika Els berhasil menyelamatkan prajurit atau penduduk dari monster atau jebakan, mereka akan bergabung dengan pahlawan kita. Mereka akan menembak secara otomatis dan bisa juga digunakan sebagai perisai. Dengan begitu Els tidak akan cepat mati.

Dalam permainan bonus tersedia dalam peti harta karun. Ada peti yang terlihat dan ada juga yang tersembunyi. Bonus yang diberikan biasanya berupa power-up seperti senjata, perisai dan nyawa tambahan. Untuk mendapatkan bonus di peti yang tersembuyi, pemain hanya perlu menebak, rajin menembak ke dinding batu atau lokasi tertentu, dan mengingat letaknya saja. Oh ya, jika mendapat bonus berupa POW, maka senjata pemain bisa diupgrade hingga tiga level dan juga memulihkan kesehatan teman-teman Els.  

Impetuth memang tidak menawarkan hal yang baru, tapi genre shooting seperti ini sudah semakin jarang ditemukan di PC. Tidak ada salahnya mencoba game yang satu ini, toh ukurannya juga tidak besar. Seperti biasa, sobat bisa mengunjungi situs resmi developernya disini yang tersedia dalam dua bahasa, Jepang dan Inggris. Jika ingin memainkannya sobat bisa mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)