Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #16: ALLTYNEX SECOND

Bosan main game arcade shooting yang itu-itu saja? Kalau begitu sobat gamer harus mencoba ALLTYNEX Second. Game doujin buatan Siter Skain ini dirilis tahun 2010 yang lalu dalam even Comiket 78 dan kemudian dibuatkan versi Inggrisnya oleh Nyu Media dalam trilogi The Tale of ALLTYNEX tahun 2013. The Tale of ALLTYNEX  sendiri adalah novel berbahasa Jepang berdasarkan gamenya yang dirilis oleh Siter Skain tahun 2011. ALLTYNEX Second adalah remake dari game originalnya yaitu ALLTYNEX yang muncul di FM Towns, sebuah komputer yang hanya ada di Jepang.

Sebagai game yang terbaru, cerita dalam ALLTYNEX Second justru yang paling awal dalam triloginya. Sehingga kronologisnya adalah ALLTYNEX Second, RefleX dan ditutup dengan Kamui. Mirip dengan game doujin lain berjudul Ether Vapor, genre permainan adalah 2.5D shooting game. Artinya gameplay permainan adalah dua dimensi, namun grafis dan cutscene dibuat dalam tiga dimensi. Hal ini membuat pengalaman bermain yang berbeda sekaligus menyenangkan.

Jauh di masa depan, tepatnya tahun 2192, manusia membangun komputer canggih multi fungsi bernama ALLTYNEX yang sanggup mengatur kehidupan mereka. Bencana besar kemudian terjadi setelah ALLTYNEX disusupi virus asing Satariel. Akibatnya ALLTYNEX menjadi tidak terkendali dan melakukan pemusnahan massal pada manusia di bumi hingga 85% saja populasi yang tersisa. Karena bumi telah dikuasai mesin dan komputer, manusia yang masih bertahan hidup kemudian meloloskan diri ke planet lain di tata surya. Walau demikian, manusia tetap berupaya merebut kembali bumi yang menjadi rumah mereka hingga perang dengan ALLTYNEX terus terjadi selama 40 tahun.

http://i.imgur.com/U52CHNG.jpg

Tahun 2232 salah koloni manusia di Planet Jupiter mendapat kabar bahwa ALLTYNEX tengah kelebihan beban yang membuatnya pertahanannya lemah. Melihat ini sebagai satu-satunya kesempatan, manusia lalu meluncurkan seluruh pesawat tempur terbaik mereka yaitu Armed Saboteur. Misi mereka hanya satu: hancurkan inti ALLTYNEXX dan rebut kembali bumi. Good luck, pilot!

Pemain berangkat dari luar angkasa setelah meluncur dari pesawat induk dan akan segera disambut hujan peluru. Sebagai salah satu pilot dari Armed Saboteur, pesawat pemain dapat bertransformasi menjadi 2 bentuk, yaitu tipe pesawat dan semi robot yang bentuknya mirip Gearwalk di anime Macross. Dalam setiap bentuknya Armed Saboteur dibekali dengan dua senjata, standar dan spesial. Sehingga total ada 4 jenis senjata dengan kelebihan dan kekurangannya.

http://i.imgur.com/5r6Ki0b.jpg

Dalam mode pesawat senjata standar berupa tembakan frontal yang dapat ditingkatkan hingga lima level. Senjata spesial berupa homing missiles atau misil pelacak yang akan mengejar target yang muncul di layar. Walau senjatanya tidak begitu kuat, kelebihan mode pesawat adalah pesawat bisa bergerak lebih lincah dan pemain dapat menyerang dari jauh. Dalam mode semi robot senjata standar berupa pedang laser yang mampu menangkis peluru dan jika mengenai musuh memberikan damage yang besar. Senjata spesial berupa laser super besar yang berdaya perusak tinggi. Seluruh senjata dalam mode robot jauh lebih powerful, namun gerak pemain lebih lambat.  

Berbeda dengan game shooting pada umumnya, dalam permainan tidak akan ditemui power up atau bonus yang meningkatkan senjata pemain. Kekuatan senjata berhubungan dengan energy gauge yang akan menurun tiap kali senjata spesial dikeluarkan. Energy gauge akan pulih perlahan-lahan dengan sendirinya. Atau dapat dipercepat dengan jalan mengambil chip dari musuh atau peluru yang dihancurkan. Sedikit tips, untuk mendapatkan chip besar dalam jumlah banyak maka mode semi robot adalah yang terbaik.

http://i.imgur.com/9YnDFSY.jpg

Meraih skor tinggi adalah tantangan utama dari sebuah game shooting. ALLTYNEX menyediakan chain system dimana skor pemain akan berkelipatan setiap kali melakukan combo. Semakin banyak musuh dihancurkan dan pemain tidak tersentuh oleh peluru, maka nilai combo akan terus naik begitu pula skornya. Nilai chain berkelipatan 2 dan maksimal 16 yang dimulai dari 200, 400, 800, sampai dengan 25600 point.

Overall, ALLTYNEX Second adalah sebuah game shooting arcade dengan gameplay yang brilian dan impresif. Desain pesawat dan robot-robotnya benar-benar keren dan khas ala Jepang. Penggemar anime Macross mungkin akan menyukai game ini. Cerita dalam permainan memang tidak begitu spesial, namun efek grafis dan kualitas audionya termasuk yang terbaik. Nah, bagi sobat gamer yang ingin mencari tahu informasi lebih jauh tentang game ini bisa mengunjungi situs resminya disini. Tidak sabar ingin menembak? Silahkan mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :