Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #20: SUZUMIYA HARUHI NO GEKITOU

Nama Souvenir circ. sudah dikenal sebagai salah satu developer game doujin berkualitas. Salah satu game yang sebaiknya tidak dilewatkan adalah Suzumiya Haruhi no Gekitou, atau Hyper Battle of Haruhi Suzumiya (lebih sering disingkat Harugeki). Seperti terlihat dari judulnya, game ini berdasarkan serial anime dan manga populer Suzumiya Haruhi no Yuutsu yang dipublikasikan oleh Kadokawa Shoten tahun 2006 yang lalu.

Harugeki sebetulnya adalah versi update dari game sebelumnya yaitu Suzumiya Haruhi no Chourantou. Ketika dijual dalam even Comiket 73 tahun 2007, Harugeki mendapat respon yang positif terutama dari para fansnya. Sayangnya, beberapa bulan kemudian Souvenir circ. lewat situs resminya menjelaskan terpaksa harus menghentikan semua proyek dan penjualan yang berhubungan dengan game ini atas permintaan dari Kadokawa Shoten selaku pemegang lisensi.

Selama ini Kadokawa Shoten memang terkenal tidak menyukai game atau produk buatan fans yang menggunakan merchandise mereka. Sebelumnya mereka juga melarang video Lucky Star dan Haruhi buatan fans yang diunggah di Youtube dan Niconico. Ada juga game doujin berdasarkan anime Keroro Gunsou yaitu Otoshimasu yang bernasib sama. Karena game bertema Haruhi sangat langka di PC, mengkoleksi Harugeki ini menjadi sebuah keharusan. Apalagi Harugeki juga diatas rata-rata game doujin pada umumnya, baik dalam hal grafis dan gameplay.

http://i.imgur.com/lG2pDyP.jpg

Cerita gamenya cukup simpel dimana Konata dan Akira, dua tokoh dari anime Lucky Star terdampar di dunia Haruhi. Sama seperti prekuelnya, Harugeki adalah sebuah game fighting tiga dimensi ala Power Stone, sebuah game klasik di Sega Dreamcast. Permainan menampilkan delapan karakter dari anime Haruhi ditambah Konata dan Akira yang bisa dibuka dengan menyelesaikan permainan. Satu nilai plus dari game ini adalah seluruh karakter ada pengisi suaranya meski tidak sama dengan aslinya. Karakter juga bisa dikustomisasi dengan item yang didapat dari menyelesaikan Mission Mode.

Gameplay Harugeki sederhana tapi sangat menyenangkan. Pemain bisa memukul, bertahan, dash dan melompat. Sepanjang permainan ada banyak item yang bisa dipungut dan dijadikan senjata. Tiap karakter mempunyai dua serangan spesial. Jika SOS meter terisi penuh maka karakter akan masuk ke mode hyper, berubah penampilan dan mempunyai serangan yang lebih kuat.   

Musik dalam Harugeki terdengar ceria dan pas untuk karakternya yang imut. Untuk urusan grafis, Harugeki cukup baik dengan resolusi yang lebih tinggi dari prekuelnya. Yang sedikit mengganggu adalah kamera yang gerakannya sedikit lambat. Ini akan menyulitkan jika musuh tiba-tiba menyerang dari belakang atau sudut yang tidak kelihatan. Tingkat kesulitan cukup fair dan tidak akan membuat stress pemain karena memang game ini ditujukan untuk sekedar fun.

http://i.imgur.com/eNwAbYs.jpg

Masih penasaran bagaimana cara membuka fitur rahasia game ini? Ok, ini dia triknya:
  • Selesaikan Story Mode dengan Kyon untuk membuka Haruhi di Story Mode.
  • Selesaikan Story Mode dengan Haruhi untuk membuka Konata di Story Mode.
  • Selesaikan Story Mode dengan Konata untuk membuka Akira di Story Mode.
  • Setelah membuka semua karakter di Story Mode, selesaikan Arcade Mode dengan sembarang karakter untuk membuka Konata di Arcade Mode.
  • Setelah membuka semua karakter di Story Mode dan Konata di Arcade Mode, selesaikan Arcade Mode dengan sembarang karakter untuk membuka Akira di Arcade Mode.
  • Setelah membuka semua karakter di Story Mode, Konata dan Akira di Arcade Mode, selesaikanlah Arcade Mode dengan sembarang karakter untuk membuka tingkat kesulitan Mega di menu config.

Overall, Harugeki adalah sebuah game yang bagus. Jika sobat gamer sudah mempunyai Suzumiya Haruhi no Chourantou, maka memainkan Harugeki ini bukanlah keharusan karena gameplaynya masih sama. Tapi bagi para kolektor dan penggemar game bertema anime, maka Harugeki adalah wajib. Silahkan kunjungi situs resmi developernya disini atau langsung mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :