Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #22: TOUHOU KOUMAKYOU – THE EMBODIMENT OF SCARLET DEVIL

Gensokyo adalah sebuah dunia fantasi yang banyak dihuni oleh Youkai, makhluk halus sejenis roh dan hantu. Di musim panas ke 118, Gensokyo diliputi masa damai dan tenang. Tapi tanpa diketahui darimana asalnya, tiba-tiba kabut merah misterius menutupi seluruh daratan. Begitu tebalnya kabut membuat sinar matahari tidak mampu menembus hingga musim panas menjadi gelap dan dingin. Kejadian yang tidak biasa ini membuat Reimu Hakurei, sang penjaga kuil di perbatasan Gensokyo menjadi penasaran. Bersama-sama dengan sahabatnya Marisa Kirisame, sang penyihir, mereka berdua menyelidiki insiden ini.   

Touhou Koumakyou yang dalam Bahasa Inggrisnya adalah Eastern Lands of the Scarlet Devil (sering disingkat EoSD) adalah game keenam dari seri ofisialnya yang dirilis tahun tahun 2002 dalam even Sunshine Creation ke 17. EoSD disebut sebagai game generasi pertama untuk platform Windows karena lima seri sebelumnya hanya ada di DOS. Dikembangkan oleh Team Shanghai Alice, EoSD menggunakan engine grafis yang baru meskipun untuk gameplaynya sedikit mengambil dari judul sebelumnya.  

EoSD sebetulnya sama seperti game shooting danmaku atau bullet hell yang populer di arcade tahun 1990-an. Yang berbeda adalah seri game ini terkenal berkat peluru yang gila-gilaan yang membentuk pola tertentu yang indah. Itulah sebabnya kemudian muncul istilah “bullet curtain” atau tirai peluru untuk genre seperti ini. Ciri khas lainnya adalah karakter dalam permainan selalu gadis-gadis Touhou. Tidak ada karakter pria dalam serial Touhou. Ini karena ZUN sang developer mengaku kesulitan menggambar karakter pria. Meskipun indah serial Touhou mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi. 

http://i.imgur.com/IWj61.jpg

EoSD menampilkan dua karakter yang bisa dimainkan; Reimu Hakurei dan Marisa Kirisame. Stage yang dilalui keduanya sama dan yang membedakan adalah dialog karakter dan jenis senjatanya. Jangkauan tembakan Reimu lebih luas, mencakup semua area dalam permainan, tapi lebih lemah. Sementara itu Marisa lebih lincah dengan cakupan tembakan yang sedikit lebih sempit dari Reimu. Kedua karakter juga dibekali bom yang berbeda gaya dan tingkat kerusakannya. Tapi fungsinya sama, yaitu menghalau dan menghilangkan semua peluru musuh di layar. 

Ada tiga fitur penting dalam EoSD yaitu “automatic item collection” yang memungkinkan semua item di layar langsung tersedot ke pemain tanpa harus mendekatinya. “Counter-bomb system” yang memungkinkan pemain mengeluarkan bom segera ketika terkena peluru musuh. Yang terakhir dan menjadi ikon permainan serial ini adalah “Spell Card System.” Tiap boss musuh mempunyai spell card atau pola tembakan peluru dengan pola khusus. Jika pemain bisa bertahan tanpa memakai bomb atau tidak mati ketika boss musuh mengeluarkan spell card, bonus points atau spell bonus akan diberikan. 

http://i.imgur.com/hdHeb.jpg

Ada enam stage permainan. Jika pemain berhasil menyelesaikan permainan maka sebuah mode baru bernama Extra Stage. Pada mode ini tingkat kesulitan akan jauh lebih tinggi dari biasanya, bahkan diatas lunatic. Musuh akan menembakkan peluru yang lebih banyak, lebih rapat dan lebih cepat. Extra Stage cocok bagi pemain yang ahli menghindar dan mempunyai refleks yang bagus. Semua stage dan boss dalam Extra Stage sama dengan mode biasa, kecuali boss terakhir yaitu Flandre Scarlet.

EoSD memang game sudah klasik. Tapi tahukah sobat jika game ini paling banyak versinya? Banyak fans yang membuat versi baru dari EoSD ini. Stage dan jalan cerita masih sama, tapi yang berbeda adalah grafisnya. Ada yang membuatnya dalam versi 8-bit ala era NES, tapi ada juga yang membuatnya dalam versi 3D. Jalan cerita dalam EoSD juga paling banyak dijadikan sebagai background dalam game fanmade Touhou lainnya. Silahkan mengunjungi situs resmi EoSD disini. Untuk mengunduh gamenya silahkan mengunjungi halaman ini. Dan untuk versi fanmadenya tersedia disini dan disini. (Indoshotokan)

0 komentar :