Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #23: TOUHOU YOUYOUMU – PERFECT CHERRY BLOSSOM

Di Gensokyo orang-orang menikmati tenangnya musim dingin. Tapi ada yang tidak beres karena musim dingin seakan tiada akhir. Di bulan Mei yang seharusnya sudah musim panas badai salju justru kian memburuk. Reimu Hakurei sang penjaga kuil merasa jenuh dengan cuaca yang tidak biasanya ini. Marisa Kirisame tidak sengaja melihat bunga sakura mekar di dekat rumahnya. Hingga membuatnya bertanya-tanya apakah musim semi sudah datang. Sementara itu Sakuya Izayoi sang kepala pelayan di Scarlet Devil Mansion kebingungan karena stok makanan kian menipis.

Touhou Youyoumu yang dalam Bahasa Inggrisnya adalah Bewitching Eastern Dream (sering disingkat PCB) adalah game ketujuh dari seri ofisial Touhou. Game yang dirilis dalam Comiket 64 tahun 2003 ini menampilkan tema danmaku yang cepat. PCB juga menjadi game Touhou dengan jumlah soundtrack terbanyak yaitu 19. Musik dalam PCB juga banyak diadaptasi oleh fans menjadi album yang diaransemen ulang. Hingga kini PCB menjadi salah satu game paling populer diantara semua seri ofisialnya. 

Untuk pertama kalinya pemain bisa menggunakan tiga karakter; Reimu Hakurei, Marisa Kirisame dan Sakuya Izayoi. Tiap karakter mempunyai dua skill set dan tembakan yang berbeda (sebut saja tipe A dan tipe B). Yang terbaik dan paling balance adalah Reimu karena tembakan lebih luas dan penalti bomb yang lebih lama. Terbaik kedua adalah Marisa karena damage yang besar tapi scoring yang lebih buruk dari Reimu. Sakuya sepertinya lebih cocok untuk pemain ahli karena kontrol yang lebih sulit dan tembakan yang tidak biasa. Scoring Sakuya juga yang paling buruk diantara dua karakter lain. 

http://img.gamefaqs.net/screens/e/c/2/gfs_86549_2_15.jpg

Sistem baru dalam PCB adalah Cherry System. Seluruh even dalam permainan selalu terhubung dengan Cherry System. Misalnya, menghancurkan musuh akan meningkatkan Cherry Points. Menggunakan bom atau mati akan menurunkan Cherry Points. Jika mencapai 50.000 Cherry Points maka pemain mendapatkan perisai untuk sementara. Cherry Points akan mengisi Cherry Bar yang akan meningkatkan points dan score. Yang unik adalah jika mengebom biasanya dilakukan untuk bertahan hidup, maka dalam PCB kadang mati justru lebih baik. Ini karena penalti yang besar dan bisa menurunkan Cherry Points.

Strategy terbaik untuk memaksimalkan Cherry Points adalah dengan melakukan grazing. Saat peluru musuh berhamburan dan pemain berada sangat dekat, kemudian bisa menghindarinya itulah yang disebut grazing. Sebuah sistem yang mirip dengan game Shikigami no Shiro dimana semakin dekat pemain dengan peluru dan bisa menghindarinya, maka semakin besar pula potensi skornya. Lakukan grazing terutama saat melawan boss. Cherry Points yang didapat memang besar, tapi berhati-hatilah karena resikonya juga tinggi usahakan jangan sampai mati.

http://img.gamefaqs.net/screens/7/7/2/gfs_86549_2_14.jpg

PCB mempunyai 12 ending berbeda, dengan 3 bad ending dan 6 normal ending. Ada 2 mode baru yang bisa dibuka jika berhasil menyelesaikan permainan. Extra Mode adalah mode “versi mudah” dari PCB yang bisa dibuka dengan menyelesaikan permainan dan mendapat normal ending. Phantasm Mode adalah yang tersulit dimana pemain harus menyelesaikan Extra Mode dan mendapatkan 60 spell cards. Untuk mendapatkan spell cards dari boss musuh pemain tidak boleh mati atau menggunakan bom.

PCB adalah game Touhou dengan sistem yang unik. Para penggemar danmaku dan serial Touhou wajib mencoba yang satu ini. Silahkan mengunjungi situs resmi developernya disini atau mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :