Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #24: TOUHOU SUIMUSOU – IMMATERIAL AND MISSING POWER

Awal musim panas di Gensokyo bunga sakura mekar dimana-mana. Festival melihat bunga kemudian digelar untuk menyambut momen itu. Walau semua bergembira, Reimu Hakurei merasa terganggu dengan munculnya kabut misterius. Tiap kali kabut itu muncul selalu diikuti dengan munculnya aura magis yang kuat. Kabut itu tidak meninggalkan bahaya, tapi anehnya setiap kali muncul kabut baik manusia dan youkai tidak ingin berhenti menggelar festival. Melihat pesta terjadi setiap hari membuat para gadis Touhou berniat menyelidiki kejadian yang tidak biasa itu.

Touhou Suimusou yang dalam Bahasa Inggrisnya berarti Gathering Dreams in the East, atau sering disingkat IaMP, adalah sebuah game inovatif karena berani keluar dari gameplay mainstreamnya. Bukan lagi game shooting karena karakter Touhou terbaik akan beradu jurus dalam sebuah game fighting. IaMP adalah proyek kolaborasi pertama antara Team Shanghai Alice (sebagai developer resmi Touhou) dengan Tasogare Frontier. Bagi yang belum tahu, Tasogare Frontier terkenal berkat game fighting Eternal Fighter Zero dan sederet game Touhou lainnya. Setting game ini antara game ketujuh dan kedelapan dan karena itu kadang disebut Touhou 7.5.

http://img.gamefaqs.net/screens/0/8/a/gfs_68300_2_16.jpg

Gameplay IaMP pada dasarnya sama seperti game fighting pada umumnya dimana dua karakter saling berhadapan menggunakan beragam jurus sampai life bar salah satu karakter habis. Karena berdasarkan Touhou, IaMP juga mempunyai elemen danmaku. Selain serangan standar, karakter juga menembakkan proyektil atau peluru dan serangan spell. Fitur lain yang diadaptasi dari serial aslinya adalah item collection. Ketika salah satu karakter terkena serangan dan saat itu dia mengeluarkan proyektil, maka proyektil tadi berubah menjadi item yang akan diterima oleh lawan yang menyerangnya. 

IaMP juga mempunyai fungsi grazing. Sama seperti di game shootingnya, grazing berarti aksi karakter untuk menembus peluru atau proyektil. Ketika lawan mengeluarkan proyektil dan karakter lawan melakukan aksi tertentu seperti super jump, dashing atau serangan spesial, mereka dalam posisi grazing. Saat melakukan grazing proyektil akan menembus dan tidak meninggalkan kerusakan. Tapi tidak semua proyektil dapat ditembus.

Bukan Touhou namanya jika tidak ada yang namanya spell card. Di IaMP yang disebut spell card adalah jurus super yang harus dipilih sebelum menjalani pertarungan. Tiap karakter bisa memilih antara 1 – 3 spell card dan overdrive spell card. Ketika karakter kalah di ronde pertama, overdrive spell card akan muncul menggantikan spell card. Karakter juga mempunyai special moves yang berbeda-beda. Sama seperti proyektil, serangan ini tidak bisa digunakan sesuka hati karena membutuhkan spirit. Jika spirit bar habis maka akan terisi perlahan. Jika ingin lebih cepat pemain bisa mengumpulkan spirit item. 

http://img.gamefaqs.net/screens/c/4/5/gfs_68300_2_28.jpg

Ada 11 karakter yang bisa dipilih. Mode permainan cukup standar yaitu Arcade Mode, Story Mode, Vs. Human, Vs. CPU dan Practice. Dalam Arcade Mode pemain melawan musuh secara acak dan empat boss terakhir selalu Remilia, Yuyuko, Yukari, dan Suika. Di mode ini score tidak akan dicatat dan tidak ada continue. Story Mode adalah mode utama game ini. Disini pemain mulai dengan 3 nyawa dan melawan 7 musuh. Peraturan untuk menang sedikit berbeda karena pemain mempunyai jumlah health bar yang bervariasi dan akan meningkat di stage berikutnya.

Bagi sobat gamer yang ingin pengalaman baru bermain game Touhou dan tidak mempermasalahkan grafis, maka IaMP boleh menjadi pilihan. Apalagi game fighting Touhou jumlahnya tidak sebanyak game shootingnya. Silahkan mengunjungi situs resmi developernya disini, atau mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :