KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #25: SUPER CAPCOM VS SNK


Konsol selama ini selalu terkenal dengan gudangnya game fighting berkualitas dari developer Jepang. Tapi tidak demikian halnya dengan PC. Padahal banyak juga gamer yang mengharapkan game fighting konsol akan hijrah ke PC mereka. Untungnya sekarang ini ada banyak aplikasi yang memungkinkan membuat game fighting sendiri seperti Fighter Maker dan Mugen. Banyak developer indie yang kreatif membuat game fighting dari game yang sudah ada. Ada yang bagus tapi ada juga yang mengecewakan.

Sobat gamer pernah mendengar Capcom vs. SNK? Game crossover antara dua perusahaan besar yaitu Capcom dan SNK itu memang fenomenal beberapa tahun yang lalu. Game ini tidak hadir di PC tapi gamer bisa memainkannya dengan menggunakan aplikasi emulator. Berkat aplikasi Mugen sekarang banyak versi Capcom vs. SNK buatan fans. Dari sekian banyak judul adalah Super Capcom vs. SNK (SCvS) yang patut dicoba penggemar game fighting. Game ini adalah hasil buatan Team Mugen China yang sebelumnya membuat King of Fighters Zillion. Bahkan oleh SNK, game KoF Zillion dipuji berkat animasi dan gameplaynya yang solid.

Ada tiga mode permainan dalam SCvS, yaitu: Arcade, Vs. Human dan Practice. Tidak ada jalan cerita yang spesifik sehingga pemain tidak akan menemukan opening dan ending. Lalu apa yang menjadi poin lebihnya? Jawabannya adalah gameplay. Jika bermain Arcade Mode pemain akan merasa tingkat kesulitan jauh lebih tinggi dari game aslinya. SCvS mengadopsi Alpha Counter dari Street Figter Zero 3 dimana pemain bisa menyerang balik ketika dihujani combo lawan. Sistem yang disebut “parry” ini bisa membuat frustasi pemain karena lawan terbilang agresif dan mempunyai pertahanan yang kuat. 

http://i.imgur.com/kHgjCpB.jpg

Ada 48 karakter yang bisa dipilih. Tidak ada sistem ratio yang membatasi jumlah karakter berdasarkan kekuatannya. SCvS adalah murni 1 on 1 fighting game. Siapapun karakter pilihan pemain, boss terakhir adalah Geese Howard yang dibuat sangat kuat. Selain lincah, Geese mampu menembakkan proyektil super cepat. Geese juga selalu mem-parry jika pemain menyerang dari jarak dekat. Sehingga cara terbaik untuk mengalahkannya adalah dengan proyektil atau super moves. Satu lagi, tombol instant killing yaitu F1 juga dihapus. Sehingga satu-satunya jalan melaju ke stage berikutnya hanya dengan mengalahkan lawan.

SCvS adalah game Mugen tapi tidak terlihat seperti game Mugen. Grafisnya setajam versi konsol dan musiknya juga telah diremix ulang. Game yang dibuat oleh developer yang serius ini lebih menarik jika dimainkan oleh dua pemain. Dan seperti game Mugen lainnya, SCvS ini gratis dan bisa diunduh disini. (Indoshotokan)