KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #27: CHANTELISE: A TALE OF TWO SISTERS

Recettear berhasil meraih hati para gamer hingga di tahun 2006 EasyGameStation tertarik lain dengan tema RPG. Tidak lagi menggunakan shop managament karena game yang berjudul Chantelise ini murni action RPG. Pemain yang menyukai genre hack and slash ala serial Ys dan Secret of Mana dijamin akan merasa kembali ke era Playstation tapi dengan grafis yang lebih baik. Di Jepang Chantelise terbilang cukup sukses hingga di tahun 2011 Carpe Fulgur berminat merilis versi Inggrisnya dengan judul Chantelise: A Tale of Two Sisters. Hasilnya, game ini bisa terjual lebih dari 50.000 copy.

Kisah dalam Chantelise bermula ketika malam bulan merah dimana Chante merasa ingin pergi ke hutan di dekat rumahnya. Ibunya melarang dan memperingatkannya tentang legenda kutukan bulan merah dari penyihir. Karena khawatir dengan kakaknya, Elise mengikutinya dari belakang. Dalam perjalanan Elise melihat bayangan penyihir yang mengubah Chante menjadi peri imut. Inilah awal dari petualangan mereka berdua untuk mencari si penyihir guna mengembalikan tubuh Chante seperti semula. 

Gaya pertarungan Chantelise berlangsung real time. Pemain mengontrol Elise dan diikuti Chante di belakangnya. Elise mempunyai serangan yang standar karena pemain cukup menekan tombol serang berkali-kali. Jika jumlah serangan cukup, maka Elise akan mengeluarkan charge attack secara otomatis yang memberi damage lebih besar. Elise juga bisa melakukan dive attack, yaitu menyerang sambil melompat kearah musuh terdekat. Supaya lebih bervariasi dan tidak membosankan, EasyGameStation juga memberikan serangan magic bagi Elise. 

Dalam Chantelise serangan magic dikeluarkan dari kombinasi warna gems. Tiap kali musuh dikalahkan mereka akan menjatuhkan gems dan inilah yang menjadi sumber magic bagi Elise. Pada mulanya serangan sihir cukup simpel. Satu gem merah menghasilkan serangan magic api. Dua gem merah menghasilkan bola api yang lebih besar. Tapi seiring berjalannya permainan, pemain harus berhati-hati memungut gems. Magic yang vital fungsinya butuh kombinasi gems tertentu. Ada enam urutan kombinasi gems. Untungnya gems yang berjatuhan tidak segera menghilang sehingga pemain bisa memilih strategi magic yang tepat.

http://i.imgur.com/MuCM8GM.jpg

Dalam Chantelise sebuah level terbagi dalam enam area yang dibatasi oleh mantra penghalang sihir. Dengan mengalahkan semua musuh yang menjaganya, maka penghalang itu akan hilang. Di akhir setiap level ada boss musuh yang menunggu. Yang paling menjengkelkan adalah ketika game over. Elise harus mengulang dari awal level dan menghadapi musuh yang sama. Untungnya semua item dan skill yang didapat sampai posisi terakhir sebelum mati tidak akan hilang. Area yang sudah dibuka bisa langsung dimasuki tanpa harus mengalahkan musuh lagi. Sehingga walau agak membosankan ini bisa menghemat waktu pemain.

Jika dalam game RPG lain pemain dapat naik level dengan jalan mengumpulkan experience, dalam Chantelise pemain harus mengumpulkan atau membeli special potion. Selain itu Chante memang akhirnya nanti mempunyai kemampuan menyembuhkan Elise, tapi sebelum mencapai level itu Elise harus bergantung pada gems dan magic-nya. Sedikit sulit memang, tapi itulah tujuan permainan yang membuat gameplay lebih strategis. Bagi pemain pemula sistem ini bisa membuat mereka bosan, tapi tidak bagi hardcore gamer.  
 
http://i.imgur.com/5QJ29iA.jpg

Game ini bisa diselesaikan dalam waktu antara 12 – 14 jam. Tapi jika ingin lebih lama pemain bisa menjelajahi dungeon dan mengumpulkan harta karun rahasia. Di setiap level ada area tersembunyi, dan di permainan ini pemain bisa mengulang kembali level yang pernah dilewati lewat world map. Jika masih kurang pemain juga bisa bermain mini game memancing ikan dan bermain survival mode. Satu hal lagi, Chantelise mendukung kontrol keyboard, tapi sebaiknya menggunakan gamepad agar lebih nyaman.

Chantelise adalah game yang menarik dan fun, tapi gameplaynya masih dibawah Recettear yang lebih kreatif. Tapi bagi penikmat J-RPG Chantelise bisa menjadi pilihan yang baik untuk platform Windows yang memang miskin dengan game RPG Jepang. So, silahkan sobat gamer mengunjungi situs resmi developernya disini, atau yang dalam versi Inggris disini. Sedangkan untuk gamenya dapat diunduh disini. (Indoshotokan)