KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #29: SUGURI

Jauh di masa depan planet bumi diambang kehancuran total akibat perang berkepanjangan. Sekelompok manusia yang bertahan hidup dari bencana itu ingin mengembalikan bumi sebagaimana asalnya. Dengan sebuah proyek bernama “Project One” para ilmuwan berupaya membuat sebuah makhluk yang bisa memulihkan bumi. Seorang ilmuwan akhirnya berhasil menciptakan sebuah android tangguh berbentuk gadis bernama Suguri yang menerima tugas berat itu. Beberapa generasi kemudian Suguri berhasil mengembalikan bumi sebagai tempat yang nyaman untuk ditinggali. Sayangnya ancaman baru dari luar angkasa membuatnya harus kembali terlibat dalam peperangan.

Dikembangkan oleh Orange Juice, SUGURI adalah sebuah game shooting yang sangat unik. Tidak seperti game doujin shooting umumnya, SUGURI menampilkan persenjataan yang inovatif, latar belakang yang indah, gameplay yang berbeda dan soundtrack bergaya techno-trance. Dirilis dalam even Comiket 69 tahun 2005, versi Inggrisnya menyusul tahun 2006 yang dirilis oleh Rockin' Android. SUGURI mempunyai beberapa sekuel yaitu Acceleration Of SUGURI, dan Acceleration Of SUGURI 2. Jalan cerita dalam SUGURI juga berhubungan dengan game shooting Orange Juice lainnya yaitu SORA.

Permainan menggunakan empat tombol, yaitu menembak, dash, mengaktifkan hyper attack dan mengganti target. Dalam SUGURI pemain tidak cukup hanya bisa menembak saja. Walaupun karakter pemain selalu melakukan automatic lock-on pada target, ketika melakukan targeting dan menembak akan ada jeda sepersekian detik. Sementara itu musuh yang datang selalu menghamburkan peluru yang memenuhi layar. Lantas bagaimana caranya untuk lolos? Jawabannya adalah dengan melakukan dashing.

http://i.imgur.com/aOKoTze.jpg

Ketika melakukan dashing pemain bisa berpindah tempat lebih cepat. Jika saat melakukan dashing Suguri tidak mengunci target, maka secara default arah dashing adalah lurus horizontal hingga ke ujung layar. Tapi jika ada target yang dikunci, maka arah dashing Suguri adalah ke arah musuh tersebut. Durasi dashing bergantung seberapa lama pemain menekan tombol dash. Jika diinginkan pemain juga bisa merubah arah ke sudut lain saat tengah melakukan dashing (disebut watari-dashing). Dengan dashing Suguri bisa menerobos serangan musuh yang berbasis energi, tapi dia akan tetap menerima damage dari peluru atau misil.  

Dalam permainan maksimal dua jenis senjata yang bisa dibawa. Senjata baru lainnya bisa dibuka jika pemain menyelesaikan stage atau jika pemain mati tapi berhasil mencapai result screen. Total ada 16 jenis senjata dan beberapa senjata serangannya dapat digabungkan. Pada pokoknya senjata dalam SUGURI dikelompokkan menjadi tiga jenis; proyektil fisik (peluru, roket), proyektil energi, dan senjata jarak dekat. Masing-masing senjata mempunyai karakter, kelebihan dan kelemahan. Misalnya; proyektil fisik lebih lambat dan kuat, tapi bisa dihancurkan oleh peluru musuh.

Saat Hyper Gauge terisi penuh, Suguri bisa melancarkan Hyper Attack yang merupakan versi terkuat dari senjata yang sedang dibawanya. Di game shooting lainnya Hyper Attack ini pada dasarnya sama seperti bomb. Mirip seperti game fighting, Hyper Gauge dapat diisi dengan menerima damage dari musuh. Tapi karena peluru musuh sangat banyak, maka cara terbaik untuk mengisinya adalah dengan melakukan grazing, atau menghindari peluru di jarak yang sangat dekat.

http://i.imgur.com/nXqau6P.jpg

Yang membuat frustasi tapi juga mengasyikkan adalah saat melawan boss. Dalam SUGURI boss musuh berbentuk manusia seperti karakter pemain. Mereka mempunyai pola serangan yang berbeda-beda dan tidak bisa diduga. Kyoko misalnya, dia bergerak sambil memenuhi layar dengan pecahan es. Tapi kadang-kadang dia memanggil bantuan berupa serangan api dari robot-robotnya. Bertarung melawan boss lebih mirip seperti game fighting, dan untuk mengalahkan mereka pemain harus mempunyai reflek dan memori yang baik.

SUGURI memberi tantangan baru bagi pemain karena menggabungkan game shooting dan fighting. Sebuah game yang sulit ditaklukkan, tapi masih reasonable. Indoshotokan merekomendasikan game ini karena mempunyai style berbeda namun dengan gameplay yang fun. Silahkan mengunjungi situs resmi developernya disini atau langsung mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)