Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #30: ACCELERATION OF SUGURI

Bagi developer game mencampur dua genre game adalah sebuah tantangan. Hasilnya bisa bagus tapi bisa juga membosankan. Serial SUGURI adalah contoh game yang sukses melakukannya. Dalam game originalnya 70% adalah shooting sementara 30% adalah fighting. Di tahun 2006 Orange Juice meluncurkan versi spin-off dari SUGURI yang berjudul Acceleration of SUGURI (AoS). Karena merupakan spin-off, tidak ada jalan cerita yang baru dari game ini. Kebalikan dari game pertamanya, dalam AoS 70% tema permainan adalah fighting dan 30% sisanya adalah shooting.

Versi ekspansi dari AoS yaitu “X-Edition” dirilis dalam Comiket 71, Desember 2006. Ada beberapa tambahan karakter dan stage baru, sementara untuk gameplaynya tidak berubah. AoS berikut ekspansinya diterjemahkan dalam versi Inggris oleh Rockin’ Android di tahun 2011. Serial SUGURI juga melangkah ke platform yang lebih besar karena dirilis di Playstation 3 via PSN. Tidak ada perbedaan besar antara versi PC dan Playstation 3 kecuali grafik yang jauh lebih baik dan soundtrack yang diaransemen ulang.

Dalam AoS dua pemain bertarung dalam sebuah arena berbentuk lingkaran, dimana mereka harus mengakali lawan dengan menghindari laser, peluru dan memilih serangan terbaik untuk menang. Tiap karakter punya gaya tembakan yang berbeda. Ada yang tembakannya langsung ke lawan, ada yang menyebarkan peluru, dan ada juga yang menutupi layar dengan peluru kecil. Maksimal ada lima jenis tembakan yang bisa dibawa pemain dan untuk beradaptasi butuh sedikit waktu. SUGURI adalah game fighting tapi tidak ada sistem combo. Semakin cepat mengalahkan musuh, makin tinggi pula skor pemain.

http://i.imgur.com/cZj6OPr.jpg

Arcade Mode dan Versus Mode mungkin sudah biasa. Tapi jika pemain ingin mengetahui cerita masing-masing karakter maka bisa mencoba dua Story Mode, yaitu Falling Wonder dan Pudding Deity. Falling Wonder berisi dialog antar karakter yang lebih panjang dengan disisipi humor segar ala anime Jepang. Para boss musuh dalam Falling Wonder juga dibuat lebih sulit. Pudding Deity adalah kebalikannya karena musuh dibuat lebih mudah dan berisi banyak parodi.

Diluar Story Mode game ini tidak menawarkan hal baru. Namun begitu, AoS tetap sebuah game yang ringan dan inovatif. Game ini tetap layak dimainkan, dan jika sobat mencari sesuatu yang berbeda maka AoS cukup menghibur. Silahkan kunjungi situs resmi developernya disini, atau langsung mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :