Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #31: GO! GO! NIPPON! – MY FIRST TRIP TO JAPAN

Sobat Indoshotokan suka nonton anime? Atau mungkin membaca manga? Pernah berpikir ingin pergi ke Jepang? Well, bermain visual novel ini akan membuat sobat bisa pergi kesana tanpa perlu naik ke pesawat. Go! Go! Nippon (GGN) adalah sebuah game kolaborasi antara developer Jepang Overdrive dan Mangagamer yang bisa membantu impian para gamer. Dengan ditemani dua guide cantik, GGN mengajak gamer menjelajahi sudut-sudut negeri sakura berikut budayanya.

Pemain berperan sebagai diri sendiri. Seorang penggila anime, manga, j-pop dan cosplay. Singkatnya, pemain adalah seorang otaku yang ingin pergi Jepang. Berkat teknologi internet pemain bisa berkenalan dengan teman-teman baru di Jepang via online chat. Kini kesempatan itu tiba karena pemain akan pergi kesana demi menemui teman baru. Setibanya di Bandara Narita, pemain sangat terkejut karena mereka ternyata adalah dua gadis bersaudara. Menariknya lagi, pemain akan tinggal selama seminggu di rumah mereka. Petualangan di Jepang tahun ini akan menjadi momen yang tidak terlupakan.   

Sebelum masuk ke permainan pemain diminta menyebutkan nama dan mata uang dollar yang ditukar ke yen. Ini adalah hal baru dalam visual novel karena walaupun game berjalan linear, sepanjang petualangan nanti pemain akan membelanjakan uangnya. Jika menekan tombol pause pemain bisa memeriksa berapa banyak total biaya yang telah mereka keluarkan pada hari itu. Sebagai partner menjelajah ada dua guide yang siap menemani; Makoto yang lembut, dewasa, cantik dan pandai Bahasa Inggris; serta Akira, adik Makoto yang sedikit pendiam, tidak sabaran tapi pandai memasak.


Dalam permainan ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Dari distrik Tokyo yang ramai seperti Akihabara, Ikebukuro, Ginzu, Shibuya dan Shinjuku; hingga ke Kuil Kinkaku dan Kiyomizu-dera di Kyoto yang tenang dan sarat budaya tradisional. Pemain bisa mengunjungi kapan saja lokasi manapun yang mereka mau. Tiap lokasi diwakili dalam bentuk foto yang sangat detil dan akurat. Kunjungan pemain mungkin singkat, tapi pemandangan yang indah didukung CG yang cantik membuat pemain tidak bosan untuk kembali lagi. Kedua guide kita juga memberikan informasi tentang sejarah, etika dan budaya dari lokasi yang sedang kita kunjungi.

Tidak lengkap rasanya jika visual novel tidak ada cerita cintanya. Selain isinya tentang liburan, GGN dibumbui sedikit hubungan cinta antara pemain dengan Makoto dan Akira. Ada banyak dialog dan scene lucu antar karakter. Tidak ada background cerita yang sedih atau mengancam nyawa seperti visual novel pada umumnya. Hanya remaja yang bersenang-senang dan menjalin pertemanan. Setelah permainan berakhir akan ditutup dengan epilog yang manis. So, pastikan sobat gamer menyelesaikan permainan ini. Tapi jangan harap ada adegan ecchi didalamnya karena GGN ini adalah murni visual novel untuk semua umur.

GGN juga menyediakan fitur bilingual; teks dalam Bahasa Jepang dan Inggris. Game ini cocok dimainkan mereka yang sedang belajar Bahasa Jepang. Jika cukup percaya diri pemain bahkan bisa memainkan seluruh permainan dalam Bahasa Jepang. GGN juga mengajari istilah-istilah asing. Kadang salah satu guide menggunakan kata-kata dalam Bahasa Jepang yang tidak lazim, atau oleh Overdrive pemain diasumsikan tidak tahu. Jika ini terjadi, maka akan ada penjelasan pada kata yang dimaksud dengan highlight berwarna hijau. So, gamer tidak perlu kebingungan.

Sebagai sebuah game yang sebenarnya adalah travel guide interaktif, GGN cukup memuaskan. Bagi pemain yang sudah pernah pergi ke Jepang informasi yang ada di game ini mungkin tidak banyak membantu. Tapi bagi gamer yang masih awam cara menggunakan vending machine, menggunakan toilet kering, atau biaya tiket kereta di Jepang, maka bermain GGN jelas hal yang menarik. Silahkan membuka situs resmi publishernya disini atau langsung mengunduh gamenya disini. Selamat berpetualang di Jepang. (Indoshotokan)

0 komentar :