KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #33: CRIMZON CLOVER: WORLD IGNITION

Game shooting dari Jepang terkenal berkat tingkat kesulitannya yang tinggi. Crimzon Clover, sebuah game shooting dari Yotsubane ini juga tidak terkecuali. Crimzon Clover meraih banyak pujian dan menjadi game paling ditunggu dalam even Comiket 2010. Setelah dirilis untuk Windows game ini sempat di-port ke arcade, tapi sayangnya hanya eksklusif di Jepang. Versi terbaru dari Crimzon Clover diberi label “World Ignition” yang hadir di Steam bulan Juni 2014 lalu, dan menjadi sebuah kabar baik karena bisa dinikmati gamer non Jepang. Nama Crimzon Clover diambil dari sejenis tanaman semanggi yang hanya tumbuh di Eropa. Tidak jelas mengapa game ini diberi nama demikian, apalagi sepanjang permainan tidak ada tanaman semanggi muncul di layar.

Ada beberapa perbedaan antara versi original dengan World Ignition. Permainan kini mendukung tujuh bahasa termasuk Inggris dan Jepang. Layar permainan juga lebih lega karena mendukung wide screen dengan beberapa pilihan resolusi. Tutorial juga diberikan tiap kali akan masuk permainan. Walaupun pemain sudah familiar dengan game shooting, melihat tutorial sangat dianjurkan karena game ini mempunyai mekanik yang berbeda. Yang lebih menarik adalah permainan mempunyai beberapa mode yang siap menantang para gamer shooting.   

Crimzon Clover tidak mempunyai jalan cerita yang spesifik, dan sebetulnya game-game seperti ini memang tidak memerlukannya. Pesawat pemain lepas landas dari sebuah dermaga dan disambut musuh-musuh yang menghujani peluru. Tugas pemain cukup simpel; hindari peluru musuh, hancurkan musuh sebanyak mungkin dan kalahkan boss di akhir level. Ada tiga jenis pilihan pesawat dan semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dalam Crimzon Clover pemain diberikan tiga tombol serangan; rapid shot dengan peluru tidak terbatas, lock-on shot yang sanggup mengunci dan mengejar musuh, yang terakhir adalah bom yang bisa menyelamatkan jika pemain terdesak.


Tiap kali pemain menghancurkan musuh dan tidak memakai bom, maka otomatis akan mengisi “Break Gauge”, sebuah bar yang jika terisi penuh membuat pesawat pemain bisa melancarkan “Break Mode”. Saat mode ini diaktifkan pesawat pemain akan bergerak lebih lincah, membuat damage lebih besar pada musuh dan melipatgandakan skor. Yang lebih keren, saat Break Mode aktif layar permainan dipenuhi ledakan yang spektakuler dari musuh yang hancur dan bintang-bintang yang merupakan bonus skor. Tapi ini belum seberapa. Jika pemain tidak menggunakan Break Gauge yang sudah penuh dan terus menghancurkan musuh, maka “Double Break Mode” bisa diaktifkan. Pesawat pemain seolah berubah menjadi mesin penghancur yang gila-gilaan diikuti efek ledakan yang super spektakuler. Inilah yang menjadi daya tarik utama permainan.

Visual Crimzon Clover bisa dibilang perfect untuk sebuah game shooting. Animasi sprite 2D-nya yang keren, background yang atraktif dan musuh yang bervariasi menjadi selling point yang hanya bisa ditandingi game-game shooting buatan CAVE. Saat Break Mode diaktifkan dan musuh hancur berjumlah sangat banyak kadang bisa membuat pemain bingung apa yang sedang terjadi. Tapi peluru berwarna-warni yang berhamburan, efek kilauan dan ledakan yang luar biasa ramai membuat game ini selalu menarik untuk diulangi. Untuk kualitas soundtrack cukup standard tapi juga tidak jelek. Sulit percaya jika mengetahui game sebaik ini dibuat oleh satu orang remaja SMU.


Final words, Crimzon Clover adalah sebuah game yang adiktif. Tidak perlu menjadi seorang veteran game shooting untuk menikmatinya. Sekedar informasi, begitu banyaknya penggemar game ini hingga dibuatkan DLC-nya. Apa saja isinya? Soundtrack yang diaransemen ulang oleh Locomalito yang bisa didengar saat bermain gamenya atau diluar permainan. Kemudian sebuah poster resolusi tinggi yang bisa juga dicetak untuk kabinet arcade, jika gamer memilikinya. Yang terakhir adalah video dari pemain pro Jepang dengan strategi terbaiknya. Tidak ada update baru untuk gamenya dan DLC ini agaknya lebih cocok untuk hardcore player. Situs developernya berupa Bahasa Jepang tapi sobat bisa mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)