Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW J-GAMES: ESCHATOS

Selama bertahun-tahun genre shooter selalu mempunyai pola yang sama. Bahkan di jaman dengan teknologi grafis kian canggih seperti sekarang, genre shooter masih bertahan. Para developer game seakan tidak kurang akal menggabungkan genre shooter dengan genre lain. Salah satu yang sukses adalah developer Jepang Qute yang membuat sebuah game shooter berjudul ESCHATOS untuk Xbox 360. Sebagai sekuel dari Judgement Silversword, ESCHATOS mempertahankan gameplay klasik dengan tambahan fitur-fitur baru. Kabar baiknya, Degica mau merilis versi PC-nya. Ini sebuah langkah tepat apalagi setelah mereka berhasil memboyong Mushihimesama ke PC.

Cerita dalam ESCHATOS sederhana saja; makhluk asing dari planet lain berupaya menginvasi bumi, dan tugas pemain adalah mempertahankan planet tercinta ini hanya dengan sebuah pesawat. Tujuan permainan adalah berusaha bertahan hidup dari terjangan peluru, misil dan laser musuh sampai ke area terakhir. Sepintas, jalan cerita dan gameplay ESCHATOS mirip dengan shooter lawas Raiden. Apalagi melihat model dan warna pesawatnya. Tapi game yang satu ini menawarkan satu kelebihan, yaitu cinematic camera angle. Pada even tertentu kamera akan bergerak dinamis. Kadang menjauh, tiba-tiba mendekati pesawat pemain atau berpindah pada musuh. Efek yang keren ini juga berpengaruh pada gameplay-nya.

Pesawat pemain dibekali dua jenis tembakan; lurus dan menyebar. Tembakan lurus bisa menjangkau sampai ujung layar, cukup kuat, tapi tidak bisa mengatasi musuh dari kedua sisi. Sebaliknya, tembakan menyebar bisa menjangkau kedua sisi, tapi tidak sampai ujung layar. Kekuatannya juga separuh dari tembakan lurus. Pesawat pemain juga dilengkapi perisai yang bisa menangkis peluru atau laser. Tiap kali digunakan perisai ini akan menurun persentasenya, tapi perlahan-lahan akan pulih. Dalam ESCHATOS bom digantikan oleh Flash item yang begitu diambil akan langsung aktif mencederai musuh di layar. Flash item ini tidak bisa dikumpulkan untuk dipakai di lain kesempatan oleh pemain.


Ada tiga mode permainan dan semuanya lewat rute yang sama. Bedanya hanya pada peraturannya. Original, sesuai namanya adalah mode standard game ini. Disini sejak dari area pertama senjata pemain sudah maksimal. Tidak ada power-up untuk mengupgrade kekuatan senjata. Bonus yang ada hanya Flash item dan nyawa tambahan jika score sudah melewati batas tertentu. Mode standard cocok bagi mereka yang baru bermain ESCHATOS. Tugas pemain disini cukup menembak, menghindari musuh dan peluru, dan menggunakan perisai.

Ingin tantangan lebih? Silahkan coba mode Advance. Disini pemain mulai dengan senjata yang lemah, tapi power-up untuk memperkuat senjata kadang-kadang muncul. Untuk mencapai senjata maksimal pemain setidaknya harus memungut power-up tujuh kali. Perisai juga lebih terbatas. Setiap kali pemain memungut power-up, maka meter untuk shield juga sedikit menurun. Ini membuat permainan lebih strategis karena pemain harus memilih; senjata maksimal tapi perisai lemah, atau senjata lemah tapi perisai lebih kuat. Masih ada lagi, di mode ini tiap kali pemain memantulkan peluru musuh dengan perisai, maka akan mendapat score tambahan.

Yang terakhir adalah Time Attack. Mode ini menghapus nyawa dan diganti dengan waktu sebagai patokannya. Tugas pemain adalah melaju sejauh mungkin ke area permainan sampai timer menyentuh nol. Jumlah pesawat pemain tidak terbatas, sehingga mati berapa kalipun tidak masalah. Ooops tunggu dulu. Jika pemain mati maka diberi penalti berupa pengurangan waktu lima detik. Jika tingkat kesulitan default di Original dan Advance dimulai dari easy (mudah), maka di Time Attack ini pemain bisa mengaturnya sesuka hati.  Di ESCHATOS ada 26 area yang siap menantang pemain.


ESCHATOS adalah sebuah game shooter Jepang yang sangat menyenangkan. Grafis yang jauh lebih baik dengan kualitas HD dan warnanya yang cerah, jauh meninggalkan versi WonderSwan. Musik mungkin tidak terlalu memorable, tapi alunan gitar yang diaransemen bergaya techno cukup memanjakan telinga. Masih ada lagi, ESCHATOS menerapkan sistem ala RPG. Setiap kali bermain score pemain akan dijumlahkan, dan jika mencapai batas tertentu akan membuka fitur tambahan seperti wallpaper, tambahan credits, dsb. Dengan ini pemain akan mengulang permainan berkali-kali untuk membuka seluruh menu yang ada. Sobat bisa mengunjungi situs resmi developernya disini. Tidak sabar ingin segera beraksi? Silahkan mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :