Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW J-GAMES: MUSHIHIMESAMA


Di sebuah dunia antah berantah, hiduplah serangga-serangga raksasa yang disebut Koujuu. Binatang ini membuat manusia terasing karena mereka menyebarkan semacam racun. Jika manusia tidak ingin wilayahnya teracuni, maka setiap 200 tahun sekali mereka harus mempersembahkan gadis remaja berumur 15 tahun kepada dewa serangga. Salah satu desa yang terasing itu adalah Hoshifuri. Setelah sekian lama, kini tiba saatnya desa ini memberikan persembahan. Gadis yang akan diberikan adalah Reco, anak dari sebuah keluarga kaya. Sebelumnya Reco sempat bertemu dengan seorang bocah misterius di hutan Shinjuu, tempat berdiamnya dewa serangga. Oleh bocah itu Reco diberikan sebuah gelang aneh. Sebagai satu-satunya orang di desa yang tidak terkena racun, Reco menolak dijadikan persembahan. Bersama dengan Kiniro, teman serangganya, Reco menuju hutan Shinjuu untuk bertemu langsung dengan dewa serangga.

Mushihimesama yang berarti “Putri Serangga” adalah game shooter lawas yang dirilis tahun 2004 silam di arcade Jepang. Versi port berikutnya berturut-turut adalah Playstation 2 (2005), iOS (2011) dan Xbox 360 (2012). Akhirnya, setelah sekian lama, salah satu game andalan developer Cave ini hijrah di PC Windows akhir 2015 lalu. Apa sih, yang istimewa dari Mushihimesama? Game ini menjadi merubah style game shooter yang itu saja-saja. Selama ini mindset orang pada game shooter adalah pesawat, tank, bom, missile, laser dsb. Tapi Mushihimesama memberikan sesuatu yang berbeda. Lebih natural, dimana jagoan utamanya adalah seorang gadis cantik dan seksi. Hemm...   


Ketika masuk ke permainan, pemain diberikan tiga pilihan senjata yang masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Game shooter tidak lengkap rasanya jika tanpa bom, dan begitu pula Mushihimesama. Fungsi bom disini kurang lebih sama seperti game shooter umumnya, yaitu menolong pemain dari kepungan musuh dan peluru. Jumlah bom terbatas, tapi pemain bisa mengumpulkan dari musuh-musuh yang dihancurkan sepanjang permainan. Senjata pemain juga bisa ditingkatkan kekuatannya dengan mengumpulkan power-up dari musuh yang hancur. Selain itu musuh kadang menjatuhkan koin-koin emas yang menambah skor pemain. Jika sudah skor mencapai batas tertentu akan memberikan nyawa tambahan bagi pemain.

Mushihimesama bisa ditamatkan dalam waktu setengah jam saja. Apalagi game dengan lima level ini punya jumlah continue yang tidak terbatas. Sehingga pemain pemula pun dijamin pasti bisa merampungkan. Tapi seorang pemain shooter sejati tidak sekedar mencari tamat, melainkan mencetak skor setinggi mungkin dan tanpa continue. Dalam Mushihimesama setiap kali continue maka skor pemain di-reset kembali ke nol. Sehingga mustahil bagi pemain untuk melihat deretan tujuh digit angka yang cantik di skor table-nya. Satu-satunya meraih skor tinggi adalah pemain terus bertahan hidup dan meraih nyawa tambahan sepanjang permainan. Bicara kesulitan, Mushihimesama punya tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Peluru yang bertebaran disana-sini sanggup mengurung ruang gerak pemain.


Ada empat mode permainan. Novice, yang ditujukan untuk pemain baru dalam dunia shooter. Tapi jangan salah, karena disini pemain tetap saja sering mati dan game over; Normal, sebuah mode yang mirip dengan versi arcadenya; Arranged, adalah versi remix dari tingkat kesulitan tertinggi yaitu maniac. Pada mode Arranged musuh lebih kuat dari biasanya, tapi Reco sudah dibekali dengan kekuatan penuh dan fitur auto-bomb; Mode terakhir adalah Training, yang satu ini sudah jelas dan tidak perlu lagi dijelaskan fungsinya. Khusus untuk versi Windows, Mushihimesama diberikan sebuah DLC yaitu versi 1.5. Apa yang baru? Tingkat kesulitan lebih gila, obral peluru dan soundtrack baru. Versi update ini dijual terpisah dan ditujukan khusus untuk pemain veteran.

Munculnya Mushihimesama di PC memang kabar yang sangat menggembirakan. Apalagi game seperti biasanya hanya muncul di Jepang saja. Yang lebih bagus, lagi Cave menjalin kerjasama dengan Degica untuk merilis game-game shooter mereka di PC. Setelah Mushihimesama, mereka akan merilis Deathsmiles, dan yang ini juga tidak kalah serunya. Ok, sobat gamer bisa langsung kunjungi situs resmi Cave disini, tapi khusus bagi yang paham Bahasa Jepang, ya? Ingin langsung main gamenya? Boleh saja, silahkan mengunduh disini. (Indoshotokan)

0 komentar :