Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #42: EXCEED 2ND – VAMPIRE REX

Jika ditanya apa game shooter terbaik sepanjang masa, maka Ikaruga adalah jawabannya. Bicara soal grafis memang banyak game shooter lain yang lebih unggul. Tapi Ikaruga punya satu kelebihan, yaitu gameplay yang orisinil. Berkat gameplay-nya itulah banyak developer lain yang mencoba meniru Ikaruga. Salah satunya adalah developer indie Jepang FLAT yang merilis seri kedua eXceed. Game doujin ini sebenarnya sudah lawas karena dirilis tahun 2006 silam. Karena FLAT sudah tidak aktif lagi, mereka menyerahkan hak ciptanya pada Tennen Sozai yang merilis versi upgradenya yaitu eXceed 2nd – Vampire Rex tahun 2008. Versi Inggrisnya dirilis oleh Nyu Media tahun 2012 dalam satu paket bernama The eXceed Collection.

Beberapa minggu telah berlalu sejak berakhirnya perang besar antara gereja dan pasukan Gun Bullet Children melawan vampir dan turunannya (disebut deviant: setengah manusia dan setengah vampir). Dua kubu yang saling berseteru sepakat untuk berdamai dalam gencatan senjata. Mereka sadar jika perang yang berlarut-larut hanya menemui jalan buntu. Sayangnya tidak semua pihak menyukai perdamaian. Setelah seorang ekstremis gereja berkuasa, dia menyerukan agar semua vampir dan deviant yang masih hidup dimusnahkan. Merasa hidupnya terancam, seluruh vampir menyatukan kekuatan demi kebebasan mereka. Ancaman perang besarpun sudah diambang mata.

Sementara itu, setelah dimusuhi oleh manusia, seorang gadis bernama Ria File menyadari kekuatannya sebagai seorang vampir. Ria sadar tidak mungkin kembali pada manusia dan sebagai seorang deviant dia memilih bergabung dengan pasukan vampir. Bersama dengan kelompoknya Ria kini harus melawan pasukan Gun Bullet Children yang sebelumnya berhasil mengalahkan bangsa vampir.


eXceed 2nd – Vampire Rex ini adalah versi update dari eXceed 2nd. Perbedaannya hanya terletak pada model musuh dan pola perluru yang mereka tembakkan. Pada versi update soundtracknya telah diremake dengan gaya techno. Ketika melawan boss, musik akan berubah lebih kencang dan memacu adrenalin. Tidak percaya? Coba saja dengarkan musik di boss stage pertama. Benar-benar keren. Seluruh musik diaransemen ulang oleh Saitama Seishu Heiki dan Shibayan Records, dua nama besar yang sudah kesohor dalam dunia doujin. Satu lagi kelebihan game ini adalah fitur full-voice. Sebelum duel melawan boss, akan ada dialog singkat antar karakter. Untungnya, di versi Inggris dialog tetap menggunakan Bahasa Jepang dan tidak didubbing.

Gameplaynya sama persis dengan Ikaruga. Sebagai Ria File, pemain bisa berganti polaritas antara kekuatan cahaya yang diwakili putih dan kegelapan yang diwakili merah. Pemain bisa menyerap peluru yang warnanya sama dengan elemen yang sedang diaktifkannya. Sebaliknya, jika terkena peluru yang tidak sama dengan elemen miliknya, maka berakibat fatal. Pendeknya, musuh berwarna putih cepat hancur jika diserang warna merah dan sebaliknya. eXceed 2nd – Vampire Rex juga mempunyai tingkat kesulitan dinamis. Jika pemain bisa terus bertahan hidup, tidak pernah mati dan terus mengumpulkan skor, maka rangking kesulitan akan naik. Sebaliknya, jika pemain mati otomatis maka akan menurunkan ranking kesulitan.


eXceed 2nd  bisa dimainkan dengan banyak cara. Pemain bisa memilih bermain aman dengan menyerap peluru dan membunuh musuh dengan polaritas yang sama. Memang sedikit lebih lama, tapi cocok untuk pemain pemula yang ingin menghindari resiko. Sebaliknya, jika ingin bermain cepat dan mencari skor tinggi, maka pemain bisa menyerang dengan polaritas yang berlawanan berkat fitur double damage pada musuh. Tapi tentu saja pemain akan lebih sibuk menghindar kesana kemari.

Kelemahan game ini adalah tidak punya replay value yang tinggi. Begitu tamat, mungkin pemain tidak akan mengulanginya lagi. Tapi itu bukan masalah besar karena eXceed 2nd – Vampire Rex ini adalah game bagus dan layak disebut salah satu game doujin terbaik. Jika ingin informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi situs resmi gamenya disini atau langsung mengunduh gamenya disini.(Indoshotokan)

0 komentar :