KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

Cari Artikel

REVIEW GAME DOUJIN #43: EXCEED 3RD – JADE PENETRATE BLACK PACKAGE


Di sebuah dunia fantasi bernama Pandemonium, pedang dan sihir telah menjadi alat untuk bertahan hidup. Para penghuni Pandemonium selalu terlibat pertarungan demi mencapai gelar yang terkuat. Mereka yang terbaik berhak duduk sebagai salah satu penguasa dalam tujuh Cardinal Lords. Tapi kenyataannya, peluang untuk menjadi salah satu dari tujuh pemimpin tertinggi Pandemonium itu sangat sulit. Bahkan ksatria paling berani yang berjuang keraspun belum tentu berhasil. Kursi seorang Cardinal Lord hanya bisa diisi jika tidak ada yang menduduki dan memang sengaja untuk diperebutkan.

Salah satu dari sekian banyak penduduk Pandemonium yang bermimpi menjadi Cardinal Lord adalah Rayne Lindwurm. Sebagai murid di akademi sihir Belphegor, Rayne adalah gadis remaja yang berbakat. Tapi ada satu rintangan yang menghalanginya. Kakaknya sendiri yaitu Celestia ternyata juga ingin menjadi Cardinal Lord. Rayne tidak pernah bisa mengungguli kakaknya dalam pertarungan sihir. Hingga suatu hari, setelah ratusan tahun lamanya, kompetisi besar dengan imbalan menjadi Cardinal Lord dibuka. Rayne yang sempat ragu akhirnya memutuskan bergabung dalam kompetisi itu. Meskipun harus mengalahkan kakaknya sendiri dia ingin mewujudkan mimpinya.  


eXceed 3rd – Jade Penetrate Black Package adalah sekuel terakhir dari trilogi eXceed. Tennen Sozai mengganti kisah gereja vs. vampire dengan dunia fantasi penyihir. Versi Black Package ini adalah update terakhir dari versi originalnya. Perbedaannya hanya terletak pada model musuh dan peluru yang ditembakkan. Soundtrack kabarnya juga diaransemen ulang oleh Saitama Saishuu Heiki, tapi tidak ada perbedaan besar. Yang terbaik dari game ketiga ini adalah grafisnya yang lebih tajam. Desain karakternya juga yang terbaik dibanding prekuelnya. Dirilis di Jepang tahun 2010 lalu, versi Inggrisnya diluncurkan oleh Nyu Media dalam paket The eXceed Collection tahun 2012.

Gameplay permainan juga dirombak. Sistem polaritas ala Ikaruga seperti di game keduanya tidak lagi digunakan. Permainan lebih fokus pada mengingat pola musuh dan pelurunya. Disini pemain juga dibekali tombol untuk fokus, dimana saat dipakai gerakan Rayne menjadi lebih lambat. Fokus sangat berguna untuk menghadapi peluru musuh yang kompleks dengan ruang gerak terbatas tapi butuh akurasi gerakan. Untuk menambah kekuatan tembakan, Rayne juga dibekali mini tiamat sebagai partner. Charge attack yang sempat absen di game keduanya telah dikembalikan. Charge attack lebih kuat dari tembakan standar tapi harus menunggu special gauge terisi penuh. Untuk mengisinya pemain cukup mengumpulkan item dari musuh yang dihancurkan. Yang terakhir adalah bom yang mencederai musuh dan menghancurkan semua peluru di layar.


eXceed 3rd – Jade Penetrate Black Package juga dilengkapi dengan full voice acting dari para seiyuu ternama. Untungnya di versi Inggris gamenya masih mempertahankan suara dari versi aslinya. Grafis benar-benar khas anime, musik keren dan gameplay yang lebih baik. Pendeknya, seri terakhir eXceed ini masuk daftar rekomendasi bagi sobat penggemar game doujin. Bantulah Rayne menjadi Lord Cardinal dengan mengunduh gamenya disini, atau luangkan waktu mengunjungi situs resmi gamenya disini. (Indoshotokan)