Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

RESENSI J-MOVIE: BUSHIDO SIXTEEN

Sudah puas dengan aksi Rina Takeda dalam High Kick Girl? Persiapkan diri Anda, karena film bergenre bela diri tradisional Jepang lainnya akan kembali meramaikan layar kaca Anda.

Isoyama Kaori adalah gadis remaja yang sangat berbakat dalam kendo. Sejak umur tiga tahun Kaori sudah dilatih keras oleh ayahnya. Ayahnya yang disiplin hanya menunjukkan simpati pada pemenang, karena itulah Kaori terus berlatih dan berlatih. Hasilnya tidak sia-sia, saat baru masuk bangku SMP Kaori sudah berhasil menjadi juara 2 kompetisi kendo. Sifat sang ayah yang anti dengan kata kalahpun juga menurun padanya.

Sebagai rival dari Kaori adalah Sanae Koumoto. Berbeda dengan Kaori yang selalu ingin menang, Sanae justru sebaliknya. Gadis yang tertarik dengan keindahan seni kendo ini adalah sosok yang tenang. Sanae juga seorang remaja yang santai, apa adanya dan tidak begitu ambisius akan kemenangan. Namun dibalik itu, Sanae ternyata berasal dari keluarga yang broken home akibat perceraian orang tuanya. Yang luar biasa, Sanae tidak pernah membenci ayahnya yang dianggapnya hanya pemimpi dan tidak mampu mempertahankan keutuhan keluarganya.

Secara tidak sengaja, mereka bertemu dalam sebuah turnamen kendo. Kaori yang selalu berpikir akan kemenangan secara mengejutkan harus kalah di babak pertama dari Sanae. Kekalahan itu agaknya membekas dalam hati Kaori hingga dirinya menyimpan dendam pada lawan yang saat itu belum dikenalnya. Sejak saat itulah Kaori terus berusaha mencari lawannya itu, dan berharap dapat membayar kekalahannya.

Secara kebetulan Kaori dan Sanae ternyata masuk ke SMU yang sama. Saat itulah Kaori mengetahui bahwa Sanaelah yang telah mengalahkannya. Begitu terobsesinya Kaori untuk mengalahkan Sanae, hingga di sela waktu luang di sekolah dirinya melakukan hal yang aneh seperti angkat beban dan duduk seiza (tradisional ala kendo) saat istirahat makan siang. Sebaliknya, Sanae yang ramah justru tidak memusingkan apapun dan hanya ingin bersahabat dengan Kaori.

Disinilah Kaori yang kaku dan disiplin bertemu dengan Sanae yang santai dan menikmati kendo. Dua pribadi yang berbeda kembali bersaing. Siapakah yang akan menang?


Bushido Sixteen adalah sebuah film bergenre seishun eiga (drama remaja) besutan sutradara Tomoyuki Furumaya (Robocon, Homeless Chugakusei). Film ini berdasarkan novel berjudul sama karya Tetsuya Honda yang dirilis di Jepang tahun 2009. Sejauh ini novelnya telah mempunyai dua sekuel yaitu Bushido Seventeen dan Bushido Eighteen (2010).

Film berdurasi 108 menit ini menjadi film setelah High Kick Girl yang mengambil background bela diri dengan tokoh utamanya gadis remaja. Seperti halnya film remaja, film ini dipenuhi dengan persaingan, cinta, persahabatan dan komedi. Cocok bagi mereka yang ingin menyaksikan film yang mudah dicerna namun ada pesan moralnya.

Bushido Sixteen banyak dihiasi pemain baru dalam dunia perfilman Jepang. Sebagai Isoyama Kaori diperankan oleh Riko Narumi yang selain aktris juga berprofesi sebagai model fashion. Di luar itu, gadis kelahiran 18 Agustus 1992 di Kanagawa ini ternyata juga mahir bermain gitar dan piano. Sebagai Sanae Koumoto yang tenang diperankan oleh Kie Kitano. Gadis kelahiran 15 Maret 1991 ini sebelumnya juga telah membintangi beberapa film remaja. Agar dapat berakting dengan baik, Narumi dan Kitano sebelumnya harus menjalani training dasar kendo berikut peraturan pertandingannya selama 2 bulan. Dan hasilnya? Anda dapat menilai sendiri setelah melihat film ini tentunya.

Bushido Sixteen telah dirilis di Jepang tanggal 24 April 2010 kemarin. Sedangkan untuk di luar Jepang versi DVD-nya akan diluncurkan sesudahnya. Film-film Jepang umumnya akan masuk ke Indonesia sekitar 3 bulan sejak tanggal perilisannya. Namun bagi Anda yang sudah penasaran dengan cerita film ini dapat mendownload offisial trailernya disini (Indoshotokan).

0 komentar :