Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

NILAI DARI KARATE-DO

Karate-do pada pokoknya adalah sebuah seni bela diri (budo), dan dengan demikian karate-do berusaha mencapai “jalan” (do) dengan “berlatih senjata” (bu). Sebagaimana seni bela diri lainnya, karate-do benar-benar membutuhkan sebuah kedisiplinan. Tubuh harus melewati latihan yang panjang dan berat selama bertahun-tahun. Hal ini tidak hanya mengembangkan badan yang kuat, tapi juga karakter yang tangguh.

Pengendalian diri tidak hanya dibutuhkan dalam hal teknik saja, tapi juga pada emosi seperti ketakutan, sakit dan kebencian. Sebagai sebuah seni untuk bertarung, karate-do melibatkan perseteruan antara dua keinginan (admin: keinginan baik dan jahat), yang mana masing-masing berusaha ingin menang. Pengendalian diri mengembangkan sifat seperti ketabahan, tapi juga rendah hati, menghargai diri sendiri dan orang lain.

Karate-do juga merupakan alat yang tangguh untuk membela diri karena tidak membutuhkan senjata khusus. Senjata yang dibutuhkan selalu tersedia. Satu hal yang cukup menguntungkan dari karate-do untuk membela diri adalah pertahanan bisa dicocokan tepat dengan serangan. Jika kau memakai senjata api untuk membela diri, kau tidak bisa melakukan apapun kecuali menembak lawanmu. Dengan karate-do kau bisa menyingkirkan lawan tanpa melukai atau bahkan membunuhnya. Sikap membela diri juga membantu seseorang untuk menghindari penyakit dan musibah dengan pendekatan yang lebih hati-hati dalam hidup sehari-hari.

Nilai fisik dari karate-do juga unik. Ini karena melibatkan aktivitas mengembangkan semua anggota badan tanpa harus cemas ada yang kurang berkembang, atau terlalu berkembang. Latihan bisa dikerjakan dimanapun. Tidak perlu kebutuhan khusus untuk tempat latihan. Latihan bisa dikerjakan sendiri tanpa seorang rekan. Ini menjadi kelebihan yang jelas dibanding kebanyakan olah raga. Setiap orang bisa berlatih karate-do dan mengambil manfaat darinya. Selalu ada cara menyesuaikan latihanmu dengan kondisi fisik maupun tujuanmu. Karate-do sekarang telah berkembang menjadi sebuah olah raga kompetisi yang sangat populer, dan hal itu bisa memenuhi kebutuhan anak-anak muda untuk menemukan jati diri mereka. (Indoshotokan)

Artikel ini diterjemahkan dari buku “Scientific Karatedo” yang ditulis oleh Masayuki Kukan Hisataka dengan judul aslinya”The Value of Karatedo”. Editing dan alih bahasa oleh Bachtiar Effendi.

1 komentar :

Amran Rusady said...

Hehehe...
Mengapa judulnya tidak ditambahkan menjadi " Nilai Karate-Do Menurut Master Masayuki Hisataka "
Tapi cuma saran saja.