Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

RESENSI FILM: THE KING OF FIGHTERS MOVIE

Gamer mana yang tidak kenal seri King of Fighters (KOF)? Ya, franchise dari SNK ini beberapa tahun silam sempat merajai dunia game fighting arcade dan konsol. KOF adalah all star-nya petarung SNK dalam satu judul game.

Game ini pertama kali muncul tahun 1994 dan sejak itu setiap tahunnya seri KOF tidak pernah absen. KOF dianggap melebihi game fighting 2D buatan Capcom baik dari segi cerita, gameplay dan grafis. Sayangnya SNK keburu bangkrut hingga seri KOF buatan developer game pengganti mereka (SNK Playmore) sekarang ini terasa kurang menggigit.

Setelah beberapa saat lalu disuguhi aksi Jon Foo dalam Tekken, kini bersiaplah karena KOF akan hadir di layar lebar. Film ini disutradari oleh Gordon Chan yang sebelumnya sukses menggarap film Fist of Legend yang dibintangi Jet Li, dan The Medallion yang dibintangi Jackie Chan.

Kisah KOF berpusat pada seorang pemuda Jepang bernama Kyo Kusanagi (diperankan Sean Farris). Saat masih anak-anak, Kyo nyaris dibunuh ayahnya sendiri akibat terpengaruh kekuatan Orochi. Ayahnya sendiri kemudian menjadi koma akibat kekuatan jahat itu.

Beberapa waktu kemudian seorang pendekar tangguh bernama Rugal Bernstein tengah mengacau dunia. Rugal terobsesi ingin mendapat kekuatan yang tidak terbatas dengan cara mengumpulkan ketiga pecahan artifak misterius. Untuk memuluskan aksinya, Rugal membunuh satu persatu pendekar KOF terkuat yang dianggapnya penghalang.

Kyo dengan masa lalunya yang pahit lalu bertekad menyelamatkan dunianya dengan mencegah aksi gila Rugal. Dalam aksinya Kyo tidak sendiri karena dibantu Iori Yagami (Will Yun Lee), Mai Shiranui (Maggie Q) dan Terry Bogard (David Leitch) yang menjadi agen CIA.

Dilihat dari plot ceritanya, film ini menggabungkan beberapa chapter yang yang ada dalam serial KOF. Mulai dari perseteruan antara klan Yagami dan Kusanagi, hingga chapter Orochi. Agar tidak terkesan mengikuti alur dalam gamenya, sang sutradara memberikan skenario sendiri.

Adakah nilai minus dari film ini? Banyak sekali. Walaupun dibuat sutradara sekelas Gordon Chan dan didukung aktor & aktris kenamaan, hasilnya bukan lantas memuaskan. Mulai dari Kyo Kusanagi yang jelas-jelas orang Jepang, di film ini malah diperankan orang bule yang bicara Bahasa Jepang sepatah katapun tidak bisa. Barangkali ibunya Kyo orang Amerika ya? Mai Shiranui yang selalu tampil seksi dan genit, di film ini justru selalu kelihatan serius (dan tua).


Yang lebih parah tentu saja Terry Bogard yang dalam jagad KOF lebih disegani dan sudah menjadi legenda ketimbang Kyo. Disini Terry harus rela kehilangan rambut panjangnya. Meski dengan rompi merah kebanggaannya, Terry justru terlihat mirip petugas jaga di pantai atau pelabuhan. Lebih parah lagi, Terry tidak akan mengeluarkan jurus andalannya seperti “Power Wave” atau “Burning Knuckle”. Terry yang aslinya sangat tangguh lebih banyak berkelahi dengan jurus standar dan malahan banyak digebuki lawannya. Sungguh mengecewakan.

Aksi baku hantam film ini terkesan biasa saja, alias tidak ada yang tidak istimewa. Meskipun dibalut efek khusus, tetap saja tidak mampu mengalahkan film laga buatan Jepang atau Hongkong. Tampaknya sang sutradara mesti belajar lagi pada ahlinya.

Cukup sampai disitu? Tidak juga. Banyak kritikus film yang menganggap alur cerita film ini payah dan sangat standar. Disain kostum yang dikenakan tokohnya juga tidak begitu menarik untuk game sekelas KOF yang karakternya bermacam-macam. Akibatnya banyak yang menganggap film berdana 12 juta dolar ini sia-sia saja. Beberapa situs di internet bahkan menganggap KOF menjadi bencana terbesar dalam dunia film tahun ini.

Namun hal itu tidak mengherankan, karena bukan kali ini saja Hollywood membuat film payah berdasarkan franchise terkenal dari Jepang. Dalam daftar film laga, KOF tidak begitu kami rekomendasikan untuk Anda tonton. Film ini telah diluncurkan tanggal 26 Agustus lalu di Kanada dan Hongkong. Untuk versi DVD dan Blueray juga telah diluncurkan tanggal 7 September 2010. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana isi filmnya dapat mendownload trailernya disini (Indoshotokan) 

0 komentar :