Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #10: GENSOU TANSAKU NITROID!

Utsuho Reiuji, sang penjaga api neraka tiba-tiba menghilang dari fasilitas penelitian nuklir di bawah Gunung Youkai. Para penghuni Kuil Moriya dibuat kebingungan dan melakukan pencarian besar-besaran. Sementara itu sang teknisi Nitori Kawashiro juga mendengar kabar itu dan diam-diam ikut mencari Utsuho. Tidak hanya demi kebaikan Gunung Youkai tapi Nitori juga berharap mendapatkan barang-barang baru.

Gensou Tansaku Nitroid! yang dalam versi Inggrisnya Fantasy Explorer Nitroid! adalah sebuah game puzzle explorasi dari Desunoya. Bagi pemain game doujin mungkin sudah tidak asing lagi dengan circle yang satu ini. Tapi bagi yang belum tahu, Desunoya adalah salah satu developer indie Jepang yang banyak mengeluarkan game-game puzzle berkualitas. Sebelumnya mereka sudah merilis Marisa and Alice, Guruguru Suika dan Fortune Star Panic! Nah, Gensou Tansaku Nitroid! ini dirilis dalam even Reitaisai 8, Maret 2011 dan versi Inggrisnya sudah tersedia dalam bentuk patch update.


Gameplay dari Gensou Tansaku Nitroid! menggabungkan gaya metroidvania dan teka-teki. Sebagai Nitori pemain akan menjelajah dengan bebas area yang ada dalam format dua dimensi. Sepanjang permainan ada banyak platform yang bisa dibuka jika Nitori mampu memecahkan teka-teki yang ada. Nitori bisa mengumpulkan gadget atau tool yang akan memberinya kemampuan baru. Beberapa tool ini jika digunakan membutuhkan energi, tapi ada juga yang tidak. Di layar permainan tool ini berupa ikon persegi enam. Ada sembilan tool plus satu tool spesial yang tersebar di empat level permainan.

DaShoes
:
Ditemukan di level 1-2. Sesuai namanya item berupa sepatu ini memberi Nitori kemampuan dashing atau bergerak lebih cepat.
Drill
:
Ditemukan di level 1-4. Hancurkan batu bata jika menemukan item ini. Ketika di melayang di udara, menggunakan drill akan me-reset momentum pemain. Dengan begitu jika melompat Nitori bisa mencapai jarak yang lebih jauh.
Stinky Ball
:
Ditemukan di level di level 1-5. Sebuah senjata jarak pendek yang jika dilempar butuh aktivasi dengan menekan tombol. Bergantung jenis musuhnya, ada yang langsung mati, pusing sesaat atau bahkan kebal.
Shiriko Bombs
:
Ditemukan di level 1-6. Bom waktu yang bisa menghancurkan batu bata atau musuh. Bisa digunakan beberapa sekaligus.
Exteending Aaarm
:
Ditemukan di level 2-6. Lengan jarak panjang ala Bionic Commando. Digunakan untuk mengambil item yang jauh dari jangkauan.
Earthkeeper Nitori
:
Ditemukan di level 2-11. Akan mengubah Nitori menjadi patung dan membuatnya lebih berat. Cocok digunakan di level yang licin dan berangin kencang.
Walk-Walk Shoes
:
Ditemukan di level 3-5. Nitori bisa memanjat dinding dan berjalan vertikal.
Hyper DaShoes
:
Ditemukan di level 4-8. Sama seperti DaShoes, tapi jauh lebih cepat, bisa mengacaukan momentum dan Nitori juga bisa menggunakan item lain.
Water Jer
:
Ditemukan di level 4-Core. Nitori bisa terbang selama pemain menekan dan menahan tombol item. Menguras banyak energi, tapi tool ini cocok digunakan untuk mengambil item diluar jangkauan.
Stadust
:
Tool spesial yang membuat Nitori bisa terbang dengan hanya menekan tombol arah. Tekan tombol item untuk menembakkan bintang. Tekan dan tahan tombol lompat untuk membuat Nitori berjalan lambat tapi dengan gerakan lebih akurat dan fokus. Tool ini tidak menguras energi, tapi pemain tidak bisa membuka tool menu.



Ada empat stage dalam permainan, dimana setiap stage terdiri dari sub-stage dengan boss battle di akhir stage-nya. Ketika pemain menyelesaikan stage 1, sebuah peta akan terbuka dan begitu pula Rumah Marisa yang kini bisa diakses. Di rumah ini pemain bisa membeli item dengan jamur sebagai pengganti uang atau menyimpan permainan. Gensou Tansaku Nitroid! juga menyimpan level ekstra jika pemain berhasil memenuhi syaratnya, yaitu: menyelesaikan stage 4 dan mengumpulkan 15 UFO dari stage 1 sampai 4. Bicaralah pada Nue dan dia akan membuka extra level. Di level ini Nitori harus mengumpulkan tool-nya yang hilang di lokasi yang berbeda.

Overall, Gensou Tansaku Nitroid! adalah game yang cukup mengasyikkan bagi gamer yang mau sedikit memutar otak. Grafis yang ditampilkan juga cerah dan berwarna-warni, khas ala Desunoya. Musik? Tidak terlalu istimewa, tapi juga tidak mengecewakan. Sobat bisa mengunjungi situs resmi gamenya disini atau mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :