Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW J-DORAMA: LEGAL HIGH 2

Komikado sensei beraksi lagi! Yap, jika sobat adalah pecinta J-dorama tentunya sudah menonton Legal High season pertama yang berakhir tayang Juni 2012 lalu. Nah, seakan ingin menambah rekor kemenangannya, kisah Komikado sang pengacara unik ini disambung dalam Legal High 2 yang tayang di Jepang Oktober 2013. Season kedua ini jumlah episodenya tidak begitu banyak, hanya 10 saja. Tapi cerita yang lucu, sarat pesan moral dan sindiran cerdas ini membuat Legal High 2 ratingnya melebihi prekuelnya. Tapi jangan harap ada adegan romantis atau percintaan didalamnya.

Legal High 2 (Jepang: Rigaru Hai 2) tetap menampilkan Komikado Kensuke sebagai tokoh utama (diperankan Sakai Masato), seorang pengacara bergaya komikal; egois, sarkastik, keras kepala, menjengkelkan dan konyol. Tapi di luar sifatnya yang buruk, Komikado adalah seorang pengacara hebat yang pintar menyusun strategi. Karakternya realistis dan dia tidak pernah kalah sekalipun dalam kasusnya. Bagi Komikado kemenangan adalah segalanya.

Di sisi lain ada Mayuzumi Machiko (diperankan Yui Aragaki), pengacara muda yang cantik dan idealis. Mayuzumi sebelumnya belajar dengan keras hingga berhasil lulus ujian pengacara. Berbeda dengan Komikado yang eksentrik, dia lebih sopan dan mempunyai naluri keadilan yang kuat. Bagi Mayuzumi menjadi pengacara berarti melindungi yang tidak bersalah dan membela yang lemah. Sebagai orang yang idealis, Mayuzumi ingin menjadi pengacara dengan mempertahankan keyakinannya itu.


Konflik dalam Legal High 2 dimulai setelah seorang pengacara muda dan tampan Hanyu Haruki (diperankan Okada Masaki) ke kantor Komikado untuk belajar. Sebelumnya Hanyu adalah pengacara yang bekerja di beberapa negara hingga akhirnya kembali ke Jepang untuk membuka kantornya sendiri yang bernama Nexus. Hanyu berasal dari keluarga yang mapan. Ayahnya pemilik perusahaan trading beromzet besar, sedangkan ibunya seorang penulis buku anak-anak yang terkenal. Berbeda dengan Komikado dan Mayuzumi, dalam menyelesaikan kasusnya Hanyu ingin semua pihak senang alias “win-win solution”.

Legal High 2 masih tetap seputar dunia pengacara dan hukum. Kedengarannya membosankan? Jangan salah sangka dulu, karena Legal High 2 mampu mengemas cerita dengan lebih apik, lucu dan menarik. Walaupun genrenya komedi, Legal High 2 menyajikan masalah sosial masyarakat Jepang. Semua karakter mempunyai gaya yang berbeda; Komikado yang menunjukkan jari sembari menggesek rambutnya, Hanyu yang menjentikkan jari sambil mengucapkan kata-kata Bahasa Arab, semuanya ada maksudnya.

Legal High 2 memberikan banyak pesan moral. Dunia pengacara dilihat dari baik dan buruknya, dari kelebihan dan kekurangannya. Sebagai tokoh utama, sosok Komikado mungkin dibenci. Tapi diluar sifat buruknya itu Komikado adalah orang yang sangat berdedikasi pada pekerjaannya. Komikado mempunyai keinginan yang kuat untuk memenangkan kasusnya, walaupun kadang caranya aneh dan konyol.


Lewat dorama ini pula para penonton diajak untuk melihat seorang pengacara dari sisi yang lain. Walaupun dalam pengadilan pengacara berusaha membela klien dengan cara apapun, mereka juga manusia biasa. Mereka hanya melakukan pekerjaannya. Satu poin menarik dorama ini adalah memang benar baik hakim, pengacara dan jaksa berusaha menemukan kebenaran. Tetapi manusia bukanlah Tuhan dan hanya bisa percaya pada kebenaran yang mereka yakini. Menariknya, ini diucapkan oleh Komikado yang selalu terlihat menjengkelkan.  

Dengan kualitas akting dan jalan cerita yang bagus, Legal High 2 adalah sebuah dorama yang wajib ditonton. Jangan khawatir jika sobat tidak paham dengan dunia hukum, karena humor-humor segar didalamnya siap mengocok perut penonton. Bagi sobat yang sudah menonton season pertama dijamin akan lebih suka pada sekuelnya ini. (Indoshotokan)

0 komentar :