Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #39: YOUYOU KENGEKI MUSOU

Membawa dunia fantasi Gensokyo yang indah menjadi nyata tampaknya memang bukan hal gampang. Walau nama besar Touhou sudah 20 tahun merajai dunia game doujin, belum ada developer yang bisa melakukannya. Tapi untunglah, ada developer indie bernama Ankakesupa yang berhasil membuat terkesan pecinta serial Touhou. Mereka merilis sebuah game aksi berjudul Youyou Kengeki Musou yang hadir dalam format 3D penuh. Youyou Kengeki Musou diklaim sebagai salah satu game Touhou terbaik yang pernah ada. Ingin menjelajahi penjuru Gensokyo dengan resolusi tinggi 1080p? Mainkan saja Youyou Kengeki Musou.

Youmu Konpaku, tukang kebun di Hakugyokurou, merasa cemas karena tuannya Yuyuko Saigyouji tidak datang berlatih pedang dengannya. Yuyuko dari awal memang tidak berminat pada ilmu pedang, tapi dia tidak pernah absen. Ketika Youmu mendatanginya, Yuyuko menjawab permintaan Youmu dengan sebuah tantangan. Dia akan kembali berlatih bersama Youmu dengan satu syarat; Youmu bisa mengalahkan Reimu Hakurei. Walaupun sadar dia tidak mungkin bisa mengalahkan Reimu dengan kondisinya sekarang, Youmu tetap berangkat ke kuil Hakurei demi menjawab tantangan itu.

Youyou Kengeki Musou (berarti: Mimpi Permainan Pedang Cepat) adalah sebuah game aksi yang mirip dengan serial Ys. Bagi sobat yang belum tahu, Ys adalah game RPG aksi buatan Nihon Falcom dengan gaya hack and slash. Nah, gameplay dalam Youyou Kengeki Musou kurang lebih sama. Sebagai Youmu pemain menebas musuh-musuh kecil (kebanyakan peri dan jamur), menghindari rintangan dan melawan boss musuh di akshir stage. Sepanjang permainan ada beberapa save points, sehingga pemain tidak perlu cemas mengulang dari awal. Tapi untuk melakukan save pemain sebaiknya menyelesaikan stage yang sedang dimainkan.

http://i.imgur.com/GsR4M.jpg

Apa saja kemampuan Youmu? Pertama, Youmu punya serangan standar berupa tebasan pedang berkekuatan sedang. Kedua, adalah 3 jenis serangan spesial yang lebih kuat dari serangan biasa, tapi membutuhkan energi orb. Pemain tidak perlu pusing memikirkan cara mengisinya karena energi ini akan terisi sendiri perlahan-lahan. Ketiga, Youmu bisa melompat. Aneh ya? Tunggu dulu, melompat mungkin biasa saja di sebuah game aksi. Tapi di Youyou Kengeki Musou melompat adalah jurus yang ampuh. Beberapa level butuh kemampuan melompat dengan timing yang tepat. Melompat juga dibutuhkan untuk membuka area tertentu dengan imbalan item rahasia atau bonus dibaliknya. Ketika melawan boss, lompatan Youmu juga bisa dipakai untuk menghindar.

Pertarungan melawan boss menjadi bagian paling menarik. Disini Youmu berhadapan satu lawan satu dengan karakter Touhou lainnya. Serangan danmaku atau peluru berhamburan yang sudah menjadi ikon Touhou tidak ketinggalan. Beberapa pola danmaku bahkan diadaptasi dari serial aslinya. Misalnya ketika pemain melawan Cirno, dia akan mengeluarkan pola danmaku yang sama persis di game Touhou Koumakyou. Peluru musuh bisa dihindari dengan melompat atau lari, tapi pemain juga bisa memantulkan peluru dengan pedang. Tapi waspadalah karena serangan danmaku musuh tidak ada habisnya. Pandai-pandailah menghindar dan dekati musuh begitu ada celah.

http://i.imgur.com/czNmB.jpg

Dunia dalam Youyou Kengeki Musou sangat luas dan banyak area tersembunyi. Area yang ada bercabang dan menantang pemain untuk menjelajahinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, grafis yang tajam adalah kelebihan dari game ini. Kualitas grafisnya setara dengan game komersial buatan developer besar. Semua elemen digambar dengan sangat detil. Dari rumput dan bunga yang diatasnya ada kupu-kupu, misalnya, digambarkan dengan begitu hidup dan detil. Pencahayaan yang bagus juga terlihat pada percikan air, sinar matahari, kunang-kunang, dsb. Pemain dijamin tidak cepat bosan berpetualang ditemani pemandangan yang memanjakan mata.

Tingkat kesulitan permainan cukup mudah. Tapi jika pemain ingin tantangan lebih cobalah level hard. Youyou Kengeki Musou mungkin sedikit repetitif, tapi tidak jadi soal karena gamenya tetap asyik dimainkan. Sobat bisa mengunjungi situs resmi developernya disini atau langsung mengunduh gamenya disini.(Indoshotokan)

0 komentar :