Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #4: TOUHOU HYAKKI KASSEN - KUNITORI DAI YUUGI

Sobat Indoshotokan pernah bermain Plants vs. Zombies? Game kasual yang menceritakan Dave, orang yang berjuang mempertahankan rumahnya dari serbuan mayat hidup dengan dibantu tanaman ajaibnya itu memang sangat populer. Tapi Indoshotokan kali ini tidak akan membahas Plants vs. Zombies, namun game Touhou dengan gameplay serupa yang berjudul Touhou Hyakki Kassen – Kunitori Dai Yuugi (berarti: Seratus Perang Ogre di Timur). Hmm.. judulnya panjang juga ya?

Tidak diketahui dari mana asalnya, tiba-tiba saja ratusan monster bermunculan di Gensokyo. Sebagai komandan perang, pemain harus mengatur unit-unit mereka yaitu para gadis Touhou dan mencegah agar para monster tidak menerobos ke benteng. Unit-unit dibuat dalam bentuk kartu dan di awal permainan hanya ada 3 kartu yang bisa diambil secara acak oleh pemain. Selanjutnya unit yang sudah dipilih bisa ditempatkan di kotak berukuran 5x5 dalam posisi bertahan atau menyerang.

Tiap unit mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ada unit khusus menyerang jarak dekat (melee unit) dan ada pula yang bisa menyerang musuh dari kejauhan (ranged unit). Ada juga unit yang mempunyai efek magic tambahan. Tiap unit mempunyai health points dan akan semakin berkurang tiap kali terkena serangan. Jika health points habis, maka unit tersebut akan mati. Untungnya, pemain dapat menyembuhkan unit yang terluka. Saat pemain berhasil mengalahkan semua gelombang musuh, sebuah kartu baru dapat disimpan sebagai reward. Sangat mirip Plants vs. Zombies, bukan?

http://i.imgur.com/fewL86q.jpg

Bagian terbaiknya adalah pemain bisa membangun deck ala Yu-Gi-Oh! Setiap kali menyelesaikan sebuah stage, pemain juga akan diberikan point. Nah, point-point tadi bisa digunakan untuk membeli kartu. Tiap kartu mempunyai harga point yang berbeda, bergantung pada efek dan kekuatannya. Misalnya kartu Marisa berharga 3 point dan bukan 1 point seperti halnya kartu biasa lainnya. Jumlah kartu yang bisa dibawa pemain dalam sebuah stage akan dibatasi. Namun jumlah dan variasinya akan meningkat seiring dengan stage yang semakin sulit.
 
Permainan bergaya tower defense seperti ini memang sangat menyenangkan dan adiktif. Tapi bagi pemain yang enggan berpusing ria, mengkoleksi kartu dari permainan ini sepertinya bisa menjadi alternatif pilihan yang baik. Untuk musiknya cukup oke dan khas ala Touhou, sedangkan grafisnya game ini masih diatas Plants vs. Zombies. Sobat bisa mengunjungi situs developernya disini atau mendownload gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :