Custom Search

KONTEN DILINDUNGI HAK CIPTA. DILARANG KERAS MENJIPLAK, MENGEDIT DAN MEMPERBANYAK SEBAGIAN ATAU SELURUH HALAMAN SITUS INI TANPA IJIN.

REVIEW GAME DOUJIN #35: 100% ORANGE JUICE

Sebuah video game kadang bisa menarik perhatian karena judulnya. Nah, ini terjadi pada 100% Orange Juice, yang awalnya Indoshotokan mengira sebuah merek minuman. Atau paling tidak, sebuah game yang berhubungan dengan makanan. Ternyata tidak, karena 100% Orange Juice adalah game yang “lebih segar” dari segelas jus jeruk. Awalnya pemain akan menghabiskan waktu untuk mempelajarinya, tapi setelah itu akan menikmatinya.

100% Orange Juice menceritakan Kai, seorang anak yang tiba-tiba masuk ke sebuah dunia fantasi dimana makhluk hidup dan mesin bisa terbang. Mengapa Kai bisa terdampar di dunia antah berantah itu? Tidak ada seorangpun yang tahu. Tapi seorang gadis bernama Marie Poppo yang membimbing Kai kesana. Di dunia yang asing itu kegelapan sedikit demi sedikit mulai menyelimuti. Kai tidak akan sendirian mengungkap misteri itu karena ada beberapa karakter lain yang juga terjebak didalamnya.

Sobat pasti penasaran, permainan seperti apa sih 100% Orange Juice ini? Pada dasarnya ini adalah gabungan antara permainan papan dan kartu. Mengapa judulnya Orange Juice? Ini karena semua tokohnya diambil dari game-game buatan developer Orange Juice seperti Acceleration of Suguri, Flying Red Barrel, QP Shu, ChristmaShu dan Sora. Setelah memilih satu dari empat karakter yang ada dan deck kartunya, pemain akan dibawa pada sebuah papan permainan ala ular tangga. Pemain harus mengumpulkan objektif tertentu sebanyak lima kali. Jika berhasil, maka pemain dinobatkan sebagai pemenang.  


Lantas apa sih objektif permainannya? Hanya ada dua macam; pertama adalah mengumpulkan bintang sebanyak yang diminta, dan yang kedua adalah mengalahkan musuh. Objektif kedua terbilang mudah karena di kotak tertentu ada musuh yang menjaga, dan pemain bisa menyerangnya jika kebetulan mendarat disana. Lalu bagaimana cara mengumpulkan bintang? Cara pertama dengan mengalahkan musuh, karena jika menang pemain akan mencuri separuh bintang milik mereka. Sebaliknya, jika pemain sering kalah dari musuh, maka separuh bintang yang dimiliki akan diambil. Cara kedua untuk mengumpulkan bintang adalah jika pemain mendarat di kotak spesial.

100% Orange Juice menggunakan dadu untuk bergerak, menyerang, bertahan dan menghindar. Di permainan papan biasanya pemain dengan mata dadu lebih besar sering diuntungkan. Tapi disini tidak selalu begitu. Setiap karakter punya statistik yang berbeda, dan dadu bisa mengurangi atau menambah angka statistik tadi. Sehingga ketika menyerang musuh angka yang keluar sering berbeda dengan mata dadu yang dihasilkan pemain. Jika baru bermain pasti akan kebingungan. Tidak begitu rumit kok sebenarnya. 

Setiap pemain juga mempunyai setumpuk deck kartu. Ada 12 kartu yang bisa dibawa ke permainan. Bergantung pilihan pemain, setiap kartu memberikan efek yang berbeda dan bisa menolong saat menyerang musuh. Misalnya beberapa kartu bisa menambah atau mengurangi attack dan defense. Pemain juga harus berhati-hati karena ada trap card alias kartu jebakan yang bisa mengurangi life points baik pada musuh atau pemain sendiri. Mulanya hanya 15% kartu yang terbuka, tapi seiring permainan kartu tambahan bisa diperoleh dengan jalan membeli di toko.


Satu-satunya nilai minus dari 100% Orange Juice adalah game ini tidak disertai petunjuk manual. Padahal peraturan permainan cukup membingungkan terutama bagi para newbie, walaupun akhirnya bisa juga dipelajari. Tapi jika melihat grafisnya yang warna-warni dengan karakter anime yang imut, membuat game ini terlalu sayang jika dilewatkan. Oh ya, keempat karakter mempunyai jalan cerita yang berbeda dan karena itu sebaiknya sobat mencobanya satu-persatu. Yang perlu diingat faktor “luck” atau keberuntungan sangat berperan disini. Jika di awal permainan sobat sering kalah, jangan menyerah dulu. Game ini akan terasa fun jika sobat sudah paham peraturannya.  

100% Orange Juice dirilis di Jepang tahun 2009 lalu, dan versi Inggrisnya dirilis oleh Fruitbat Factory tahun 2013. Dengan ukuran file yang tidak begitu besar, cukup 100 MB saja, membuat game ini sebaiknya dikoleksi. Sobat bisa mengunjungi situs resmi developernya disini, atau langsung mengunduh gamenya disini. (Indoshotokan)

0 komentar :